Ada Naga Raksasa di Kalimantan!

Ada Naga Raksasa di Kalimantan!

Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, gempar dengan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum atau berdiameter sekitar 60 sentimeter, dengan panjang sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat meliuk di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.


Ular raksasa yang diyakini masyarakat Suku Dayak sebagai naga itu terlihat pada Jumat (29/1). Saat itu sebuah longboat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan.

Karena takut diserang, pengemudi longboat segera menepikan longboat ke tepi sungai karena khawatir menjadi korban. “Ternyata kedua naga itu berjalan terus dan tidak merasa terganggu kehadiran longboat,” tutur Dodik, yang mendengar cerita dari keluarganya di Mahakam Ulu.

Kesempatan itu dimanfaatkan para penumpang untuk memotret sepasang ular itu menggunakan ponsel berkamera. Di wilayah Kubar sendiri foto ular raksasa itu telah tersebar dan masyarakat menjadi heboh.

Menurut seorang warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, ada dua naga yang terlihat. Satu naga diyakini berjenis jantan karena memiliki dua tanduk. Naga lainnya betina karena tidak bertanduk. Kedua ular berkulit hitam dan memiliki empat kaki. Panjang tubuhnya sekitar 40 meter dengan diameter 60 sentimeter.

Ia menambahkan, sebelumnya di Long Tuyoq bahkan ada seorang warga dan anaknya yang sedang berburu babi melihat ular raksasa tersebut. Begitu kagetnya, sang anak sampai tidak bisa berbicara hingga kini.
Munculnya binatang raksasa yang diyakini warga hulu Sungai Mahakam Kalimantan Timur sebagai naga ini dibenarkan oleh drs Toni Imang, Kabag Sosial, Kabupaten Kutai Barat. “Kebetulan yang disebut dalam berita itu adalah kampung halaman saya,” katanya menjawab Kompas saat dihubungi via ponselnya, Jumat (5/2).

“Di masyarakat kami di pedalaman hulu Mahakam, binatang itu namanya lengian atau naga air. Sejak saya masih kecil, saya sudah mendengar cerita semacam itu. Secara fisik, saya belum pernah melihat binatang itu. Tetapi telapak naga yang ditinggalkan saat binatang seperti itu melintasi daratan, sawah, atau kolam saya pernah melihat,” katanya.

Areal yang dilewati binatang itu biasanya rusak, pematang sawah hancur, tembok-tembok kolam juga terbelah. “Bebatuan saja bisa berantakan. Kami dulu berpikir, apakah terjadi gempa bumi? Mengapa hanya di daerah dekat-dekat sungai atau air, dan sangat lokal yang rusak,” katanya.

Toni mendeskripsikan binatang seperti itu sungguh besar dan dianggap binatang ajaib oleh masyarakat setempat. Namun, kehadiran naga raksasa belum pernah terdokumentasi dalam rupa tulisan atau gambar, masih sebatas kabar dari mulut ke mulut. “Jangankan melihat, mendengar namanya saja kami sudah takut,” katanya.

Saat ditanya, apakah kemunculan naga raksasa terkait dengan bakal terjadinya bencana atau banjir, Toni Imang mengatakan tidak tahu. “Wah, apa sejauh itu?” katanya.

Ketika ditanya, apakah binatang itu muncul ke air karena mencari habitat baru atau karena terusik, dia mengatakan sangat mungkin karena di pegunungan mereka kekurangan air. “Biasanya mereka tinggal di gua-gua atau anak-anak sungai di hulu. Ketika menjadi besar, binatang itu kemudian mencari habitat baru yang lebih baik,” katanya.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kemunculan naga menjadi pertanda akan datangnya hujan lebat disertai banjir tiga hari kemudian. Entah kebetulan atau tidak, hujan lebat mengguyur daerah itu sejak Senin (1/2) hingga Rabu (3/2).

Akibatnya air Sungai Mahakam meluap dan memicu banjir di beberapa kecamatan di sepanjang Sungai Mahakam, di antaranya Long Bagun, Laham, Long Hubung, Long Iram, Tering, Melak, Muara Pahu, Penyinggahan, dan Mook Manaar Bulat.

Sebelumnya, pada Februari 2009, Kalimantan menghebohkan dunia akibat beredarnya foto-foto udara yang memperlihatkan ular raksasa tengah melintas di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, Malaysia.

Dalam foto itu sebuah benda mirip ular merenangi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter pada 11 Februari 2009. Foto itu menjadi perdebatan.

Kalimantan memang ular-ular berukuran besar. Namun, selama ini ular besar yang ditemukan baru sejenis sanca atau piton, yang oleh masyarakat Kalimantan disebut ular sawah. Panjangnya biasanya hanya belasan meter.

Namun, ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, itu jauh lebih panjang dan besar dibandingkan dengan temuan piton. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Keaslian foto itu menjadi perdebatan. Namun, berita ular raksasa itu sempat menarik perhatian media besar seperti New Straits Times (Malaysia) dan The Telegraph (Inggris). (Sumber: tribun/surya/kompas/ Foto: tribun)

0
Like
Save

Comments

Ibenk says:

Wow… Amazing… Pengen liat scara nyata… Dan kyk ny asik tu adventure to FOREST IN BORNEO… mana tau ada habitat dan para fauna yg jarang terlihat…. Yeaahh… Dokumentasi explorer. :D

Banyak nih yg komen says:

Weeeeeeesssss mantap x yah photoshop kau? belajar mana kau?

jeki says:

iya bener editan photoshopnya lumaya juga tuh, tapi sayangnya kalo pake kepala jadi ga mirip (n)

Mr.Rael says:

wow, itu foto beneran gk sih??

ovi says:

Aku percaya,soalnya mamaku diceritain temennya yang kebetulan ada dalam rombongan itu.Rombongan yang lagi ada kegiatan di hulu mahakam itu.Temen2nya sampe gugup abis sakit kagetnya.Well,wallahualam.Cuma Allah yang tau untuk apa mereka ada.

Starfall says:

yah.. percaya gk percaya datang aja ke kubar, tapi kalo ini sih baru sebagian aja.

hendry says:

sayang cuman 1 foto yg di tampilkan..
bisa tampilkan yg lainnya? yg jantan dgn tanduknya?
tx

irvan says:

kalau melihat dr foto di atas,
gak benar kalau sebesar drum…
sepertinya hanya sebesar mulut ember…

eni says:

yakin itu foto bukan hasil editan yang kaya di Loch Ness???????jadi penasaran tu…

adul says:

nanti teknologi

saherman says:

kebetulan kami yang dekat aja tepatnya di bontang gak dengar tuh

Pak, kami kutip beritanya dari beberapa media online, termasuk Kompas. Karena kami juga masih meragukan kebenarannya, kami masukkan ke kategori strange. Terima kasih infonya Pak!

albert says:

itu kalo ga ada kepalanya, malah jadi bagus gambarnya.. kepalanya norak haha

GUNAWAN says:

ada sotingan vidionya ngak agar bisa mendukung gitu,aku pengin tampilkan di situsku

trian says:

saya percaya itu ada,krn saudara alm.bpk saya pernah punya sisik naga sebesar piring makan,katanya diambil pada bangkai naga yg sdh timbul dipermukaan/hanyut oleh arus air sungai didaerah kecamatan sebuku kabupaten nunukan kaltim

jackson says:

kok ada uler kpala nya tegak kayak dari kayu gtu?????

yhosi nuraga says:

wow enk jga tu liat scra lngsung, al’x d kbun binatng gk da…..
klen pda ykin smwa tu….
klw q gk lh..

joe says:

Tahyul…..

Palantina says:

nampak kali amatiran sotoshopnya, kepalanya kek spatu, wkwkwkwk..

Afga says:

Mertuaku dulu pernah cerita kalo temannya yg berburu di hutan aceh pernah ketemu mah ular yg sangking gedenya ampe mulutnya di kirain gua mah mereka. Aku sih percaya ular segede itu Ada, tapi sepertinya photo ular ini Palsu deh. Aku sih ngak begitu ngerti photo shop, maybe yg Lebih ngerti bisa berkomentar tentang keaslian photo ini.

fotonya jelas hasil editan photoshop, terus efek blurnya dan menggabungkan 2 foto ketahuan banget hehehehe

sanoroha says:

ehmmmmmmmmmmm pemerintah atau masyrkt jgn menakut-nakutin org laen krn hal yg paling buruk bagi pribadi n masyrkt sekitrny….. n sy liht foto tu kykny terbuat dri kayu tu g bener, 100% sy g percy bhw tu foto ular naga…….. soalny kita tau asli atau bkn,,,, mksh

brur says:

bener atao tidak yg pasti kreatif…

petruk says:

hoaemm

ferdinand says:

lestarikan lah segala fauna dan flora di indonesia ini.
supaya dapat berkoleksi dan bersaing pada bangsa lain.

kenapa ?? ouh …….itu ASLI SX ..saking aslinya JADI PALSU dech……….. wkwkwkwk…………….mana ada orang moto naga/ular dari dekat ….dan ciri aneh dari Ft tersebut adalah….Kepala yang terlalu tegak dan seperti rekayasa …kitakan bercerita tentang naga..dan mengapa naga kepalanya tegak ?? dan tidak ada inovasi kepalanya…mengapa sayapnnya gk ada ?? ..dan kenapa gk ada badannya …

#kalo ada yang moto…pasti dah di CAPLOK looooooooooo……………kenapa naganya bego ?? kenapa gk terbang aja …..biiasanyakan hewan kalo ada mausia …dia akan REFLEKS mendekatinya…..

99.9% EDITAN…………..0.01%nya lagi Buat pemandangannya ASLIIIIIIIIII

Pecinta Unik says:

Entah Asli atau palsu yang jelas saya suka Berita yg Unik, Aneh, langka, dan misterius seperti ini,,bisa merangsang otak menjadikan pemikiran yg juga lebih Unik :) daripada berita berita politik hhh

yomu pandiangan yomu says:

KOPLAK……

lomo says:

Kalau mau lihat naga datang aja k siantar di sana naganya ada yang bawa mobil, ada yang jadi satpam…dll

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: