Aneka Teori tentang Kiamat

Aneka Teori tentang Kiamat

DoomsdayIsu kiamat 2012 sepertinya menjadi bahan perbincangan serius belakangan ini. Apalagi dengan diputarnya film “2012”, yang mengisahkan bagaimana bumi berakhir ditandai dengan kehancurannya. Isu kiamat 2012 yang awalnya diprediksi berdasarkan kalender suku Maya, salah satu suku kuno Indian, kini setidaknya menjadi sebuah isu yang menarik untuk disoroti.

Agama samawi adalah agama yang mempercayai adanya kiamat. Juga, menjadikan kiamat sebagai bagian dari Tauhiditas pemeluknya. Kiamat adalah kepercayaan yang harus diimani bagi pemeluk agama samawi. Yang tidak mengimani kiamat, atau masih mempertanyakan kapan kiamat tiba, itu dianggap sebagai ke-murtadzan atau pengingkaran.

Nah, ini tidak termasuk kalangan materialism. Yaitu, mereka yang mendasarkan segala kejadian ini dari substansi material. Atau, sesuatu yang harus bisa dibuktikan atau dinalar.

Masalah kiamat sudah menjadi perbincangan sejak lama. Saat ini, kiamat ramai dibicarakan karena munculnya ramalan kiamat oleh suku Maya. Bahwa, kiamat akan terjadi pada tahun 2012.

Di Amerika, isu kiamat juga sudah santer. Karena isu itu pula, para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan halaman di situs resminya yang membantah mitos-mitos seputar peristiwa itu. Di halaman “pertanyaan yang sering ditanyakan” atau FAQ pada situsnya, NASA memasang judul “2012: Awal dari Akhir atau Mengapa Dunia Takkan Berakhir?”

Di dalamnya, NASA menuliskan film 2012 memang cukup mengesankan. Hanya saja, tanggal 21 Desember 2012 tidak akan menjadi akhir dari dunia ini. Menurut para ilmuwan NASA, tak ada hal buruk yang akan terjadi terhadap Bumi pada 2012. “Planet kita baik-baik saja selama lebih dari empat miliar tahun dan ilmuwan yang terpercaya di seluruh dunia tahu bahwa tak ada ancaman yang terkait dengan 2012.”

Nah, merunut ke belakang, ada 3 teori yang sudah lama dibicarakan orang tentang kapan kiamat akan datang. Di situ, malah disebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2060.

Isu itu pertama, berasal dari Ramalan Issac Newton, yang dalam novel Dan Brown berjudul “The Da Vinci Code” disebut-sebut sebagai salah seorang tokoh Illuminati Eropa abad pertengahan yang melawan dogma gereja soal gravitasi bumi.

Disebut-sebut bahwa Newton memiliki sebuah manuskrip rahasia. Manuskrip ini berisi ramalan Newton tentang akhir dunia, yang diambil dari berbagai kitab-kitab kuno dan juga Injil Daniel.

Dari sejumlah literatur diketahui bahwa selain menyukai fisika dan matematika, Newton juga tekun mendalami ilmu-ilmu religi, simbol, dan juga ramalan. Yang terakhir ini mendekatkannya kepada perkumpulan-perkumpulan ilmuwan Eropa Kabalah abad pertengahan yang saat itu menjadi musuh bebuyutan gereja.

Sebagai seorang pengikut paham Heliosentris yang diturunkan oleh Aristarchus, Copernicus, dan kemudian Galilei-Galileo, Isaac Newton juga dimusuhi gereja. Secara diam-diam, Newton melakukan penghitungan matematis terhadap umur dunia dengan sumber-sumber dari berbagai kitab ramalan, sejarah, dan juga Alkitab itu sendiri.

Newton mendapatkan hasil bahwa setelah Kerajaan Romawi Suci berlalu di tahun 800 M, maka harus ada waktu selang selama 1.260 tahun untuk mendirikannya kembali. Hasilnya, Newton menulis, bahwa Kerajaan Romawi Suci akan berdiri dan ini akan menandai Hari Akhir Dunia, pada tahun 2060.

Sementara itu, Saintis telah menjumpai sebuah planet yang lebih kecil daripada bumi yang menghantam ke bumi. Ia memerkirakan bahwa planet itu akan menabrak bumi pada tahun 2014.

Amerika akan mencoba untuk menukarkan orbitnya dengan menembaknya dengan sebuah roket. Dan saintis juga telah menjumpai sebuah planet yang akan menghantam bumi dalam masa 60 tahun lagi. Hitungannya, kalau itu terjadi maka dunia akan musnah pada tahun 2065.

Di Islam sendiri, dikenal adanya dua kiamat. Yaitu, Kiamat Sughro dan Kiamat Kubro. Definisi Kiamat Sughro, yaitu ketika ada suatu masa di mana terjadi penzaliman besar-besaran terhadap kebenaran. Sementara, Kiamat Kubro adalah Kiamat Besar di mana Malaikat Isrofil meniup sangkakala.

Kiamat Sughro atau kiamat kecil terjadi ketika orang-orang bodoh dan lalim menjadi penguasa. Juga terjadi ketika orang-orang pandai dan para ilmuwan sudah menjual kebenaran untuk kenikmatan dunia.

Kiamat Sughro terjadi ketika orang-orang yang lemah dan tertindas, tak ada lagi yang membela. Dan, kiamat kecil terjadi ketika orang-orang yang teraniaya sudah tidak tahu lagi kemana harus mengadu. Di situlah terjadi kiamat kecil, di mana Tuhan akan memberikan adzab. Lalu, mengganti generasi yang rusak dengan generasi baru yang lebih bertakwa. Jadi, kapan kiamat tiba? Tidak penting kapan tiba. Asal, masih ada harapan akan keadilan, kebenaran dan ketakwaan terhadap Tuhan. (nasa/in)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: