Arkeolog: Rumah di Masa Kecil Yesus

Arkeolog: Rumah di Masa Kecil Yesus

Tepat sebelum Hari Natal tiba, sejumlah arkeolog menemukan situs yang diduga sebagai salah satu rumah di lingkungan tempat tinggal Yesus di masa kecilnya.

Puing rumah dari masa kehidupan Yesus itu ditemukan di Nazareth, sebuah kawasan pemukiman yang dulunya (di masa kanak-kanak Yesus) masih dihuni oleh 50 keluarga Jahudi.

Para ahli arkeologi dan para penduduk Nazareth masa kini memperkirakan Yesus muda bermain dengan anak-anak seusianya kala itu di sebuah dusun yang terisolasi, tak jauh dari tempat Maria bertemu malaikat Gabriel (versi Alkitab) yang menyatakan bahwa gadis perawan itu akan melahirkan seorang anak lelaki.

Hari ini, Nazareth adalah satu kota Arab terbesar yang terletak di wilayah utara Israel, yang dihuni oleh 65.000 penduduk. Sebuah kota yang justru lebih banyak warga Muslim-nya ketimbang Kristen dengan rasio 2:1.

Para ahli arkeologi memapar bahwa betapa berbedanya tempat tersebut 2.000 tahun lalu, kala kawasan permukiman itu belum mengenal agama Kristen atau Islam kecuali agama Jahudi semata. Dan letak Nazareth kuno sangat dekat dengan medan pertempuran antara pasukan ekspansi Romawi yang berkuasa dengan gerilayawan Jahudi, yang sangat rawan pertempuran sporadis.*

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: