Artileri Korea Utara Hujani Pulau Korea Selatan!

Artileri Korea Utara Hujani Pulau Korea Selatan!

Korea Utara membombardir satu pulau di teritori Korea Selatan di dekat perbatasan barat kedua negara, Selasa (23/11). Serangan serius itu menghanguskan satu bangunan dan menewaskan seorang marinir Korea Selatan. Serangan artileri mendadak KOrut tersebut sebagai tindak lanjut atas peringatan untuk menghentikan latihan tempur Korea Selatan di area tersebut.

Korea Selatan kemudian membalas tembakan dan mengirimkan skadron jet tempurnya ke wilayah udara perbatasan sebagai respon atas serangan Korea Utara tersebut. Kedua Korea secara teknis memang masih berada dalam situasi perang sejak meletusnya Perang Korea 1953, karena perjanjian perdamaian tidak pernah mencapai kesepakatan. Adu tembakan artileri itu memicu ketengangan di perbatasan Korea.

Serangan terarah yang dilakukan Korea Utara ke pulau kecil Korea Selatan , Yeonpyeong, yang ditempati instalasi militer Korea Selatan dan sedikit pemukiman sipil itu dikhawatirkan akan kembali memicu pertempuran terbuka yang sempat terhenti selama lima dekade.

Dilaporkan, satu marinir Korea Selatan tewas, dan tiga lainnya luka parah dan sedikitnya 10 tentara lainnya terluka. Penduduk pulau Yeonpyeong yang panik melarikan diri ke dua puluh tempat perlindungan di pulau tersebut sementara tembakan artileri masih berdesing.

Tembakan salvo artileri Korea Utara memang diarahkan ke konsentrasi latihan militer Korea selatan di area tersebut. Militer Korea Utara memang telah mengirimkan pesan kepada angkatan bersenjata Korea Selatan sesaat sebelum serangan, agar militer Korea Selatan segera menghentikan latihan tempur di daerah tersebut. Namun Korea Selatan mengabaikan permintaan tersebut dan tetap melanjutkan latihan tempur mereka. Kini situasi di perbatasan barat Korea masih tegang. Militer kedua pihak dalam siaga tempur… * (AP/Yahoo/Int)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: