Balai Bahasa Sumatera Utara melakukan audiensi sekaligus sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Bahasa Indonesia Luar Ruang yang telah disahkan pada 2017 lalu ke pihak Angkasa Pura II yang mengelalo Bandara Internasional Kualanamu. Kepala Balai Bahasa Sumut, Dr Fairul Zabadi menegaskan bahwa penggunaan Kualanamu International Airport yang selama ini terpampang besar menyalahi perda bahasa dan harus segera diubah penulisannya. . “Kami menyarankan diganti dengan Bandar Udara Internasional Kualanamu atau Bandara Internasional Kualanamu. Kita banyak menemukan istilah asing di luar ruang atau ruang publik masih banyak yang digunakan oleh pihak Angkasa Pura II, meskipun ada juga yang sudah sesuai perda,” ujar Fairul dalam audiensi di Gedung Angkasa Pura II Lantai III Ruang Rapat Samosir, Rabu (6/6). . Dr Fairul menegaskan, dari Sabang sampai Merauke, bandara-bandara yang ada Indonesia tidak ada yang menggunakan istilah asing. Bahkan di Bali sendiri terpampang Bandar Udara Internasional Ngurah Rai bukan Ngurah Rai International Airport. Padahal Bali adalah kota wisata tempat turis asing keluar masuk. . “Bukan hanya itu, di negara lain pun, Jepang, Korea, Thailand semua menggunakan bahasa aslinya. Mereka tidak peduli apakah pendatang mengerti atau tidak. Sebab bahasa adalah jati diri bangsa, identitas sehingga harus dipertahankan. Angkasa Pura II adalah BUMN milik pemerintah sehingga harus konsisten memberikan contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujarnya. . Mendengar paparan dari pihak Balai Bahasa Sumatera Utara, Senior Manajer Operasi dan Servis Angkasa Pura II M Suwito didampingi Senior Manager of Finance and Human Resources Heri Suherman dan Manager of Branch Comunicatio and Legal Wisnu Budi Utomo mengakui kekeliruan tersebut dan berupaya secepat mungkin untuk mengubah penulisan tersebut. . Sumber : http://harian.analisadaily.com/mobile/sumut/news/angkasa-pura-ii-ubah-penulisan-bandara/567423/2018/06/07 [Bersambung dikomentar]

Balai Bahasa Sumatera Utara melakukan audiensi sekaligus sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Bahasa Indonesia Luar Ruang yang telah disahkan pada 2017 lalu ke pihak Angkasa Pura II yang mengelalo Bandara Internasional Kualanamu. Kepala Balai Bahasa Sumut, Dr Fairul Zabadi menegaskan bahwa penggunaan Kualanamu International Airport yang selama ini terpampang besar menyalahi perda bahasa dan harus segera diubah penulisannya.
.
“Kami menyarankan diganti dengan Bandar Udara Internasional Kualanamu atau Bandara Internasional Kualanamu. Kita banyak menemukan istilah asing di luar ruang atau ruang publik masih banyak yang digunakan oleh pihak Angkasa Pura II, meskipun ada juga yang sudah sesuai perda,” ujar Fairul dalam audiensi di Gedung Angkasa Pura II Lantai III Ruang Rapat Samosir, Rabu (6/6).
.
Dr Fairul menegaskan, dari Sabang sampai Merauke, bandara-bandara yang ada Indonesia tidak ada yang menggunakan istilah asing. Bahkan di Bali sendiri terpampang Bandar Udara Internasional Ngurah Rai bukan Ngurah Rai International Airport. Padahal Bali adalah kota wisata tempat turis asing keluar masuk.
.
“Bukan hanya itu, di negara lain pun, Jepang, Korea, Thailand semua menggunakan bahasa aslinya. Mereka tidak peduli apakah pendatang mengerti atau tidak. Sebab bahasa adalah jati diri bangsa, identitas sehingga harus dipertahankan. Angkasa Pura II adalah BUMN milik pemerintah sehingga harus konsisten memberikan contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujarnya.
.
Mendengar paparan dari pihak Balai Bahasa Sumatera Utara, Senior Manajer Operasi dan Servis Angkasa Pura II M Suwito didampingi Senior Manager of Finance and Human Resources Heri Suherman dan Manager of Branch Comunicatio and Legal Wisnu Budi Utomo mengakui kekeliruan tersebut dan berupaya secepat mungkin untuk mengubah penulisan tersebut.
.
Sumber :
http://harian.analisadaily.com/mobile/sumut/news/angkasa-pura-ii-ubah-penulisan-bandara/567423/2018/06/07
.
#Medan #Berita #AngkasaPuraII #Kualanamu #BandaraInternasionalKualanamu #BanggaBerbahasaIndonesia #BalaiBahasaSumut #MedanTalk
[Bersambung dikomentar]

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi kuliner sedunia, cek www.MakanTalk.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Untuk informasi otomotif dan video viral otomotif, cek www.OtomTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply