Bicara makanan Indonesia, tak bisa lepas dari sambal. Ibarat kata, apapun makanannya, sambal tak boleh dilupakan. Mulai dari nasi putih, ayam, daging, aneka hidangan laut, hingga buah-buahan bakal terasa lebih nikmat jika ditambahkan sambal. . Jika tak ada sambal, makanan terasa belum lengkap. Beberapa orang bahkan rela tidak makan sebelum mendapatkan sambal, seolah tak bisa hidup tanpa sambal. . Bukan tanpa alasan, sambal begitu melekat dengan budaya makan orang Indonesia. Menurut Koki Billy Kalangi, salah satu alasannya adalah makanan pokok orang Indonesia yang merupakan nasi putih. . Rasa nasi putih yang hambar membuat orang Indonesia mencari padanan yang cocok untuk menambah cita rasa dan meningkatkan selera makan. . Karena ada nasi putih. Dari penyajiannya supaya nasi putih tadi kaya rasa. Apalagi kalau dengan ayam goreng tanpa sambal ibarat main di taman tanpa bunga,” kata pria yang akrab disapa Chef Billy. . “Orang itu ingin makan dengan sempurna dari lauk, sayuran, nasi dan sambal entah itu pedas manis, kecap intinya tradisi mencocol. Mungkin kalau di luar negeri itu seperti keju dan mayonaise. Di Indonesia yang paling nikmat itu sambal,” tutur Chef Billy. . Koki selebriti, Bara Pattiradjawane mengungkapkan bahwa selama ini orang Indonesia sudah mengenal bahwa sambal adalah salah satu bagian dari makanan pelengkap di Indonesia. . Anggap saja seperti kimchi dalam makanan Korea, atau wasabi di sushi Jepang. . “Pelengkap makanan Indonesia itu ada beberapa yang paling utama itu kecap, sambal, dan kerupuk. Ketiga elemen itu menurut saya adalah tiga pelengkap hidangan nusantara yang wajib ada di rumah,” kata Chef Bara. . Kebiasaan makan sambal sejak kecil ini membuat orang Indonesia terus-menerus mencari sambal di mana pun mereka berada. Sambal adalah salah satu yang dirindukan ketika pergi. . “Orang Indonesia terbiasa dengan cita rasa yang kuat dan pedas, makanya lidah sudah terbiasa. Kalau sambal enak itu pasti, tapi lebih karena kebiasaan jadinya susah kalau makan tak pakai sambal.” . Sumber : https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180407091903-262-2890

Bicara makanan Indonesia, tak bisa lepas dari sambal. Ibarat kata, apapun makanannya, sambal tak boleh dilupakan. Mulai dari nasi putih, ayam, daging, aneka hidangan laut, hingga buah-buahan bakal terasa lebih nikmat jika ditambahkan sambal.
.
Jika tak ada sambal, makanan terasa belum lengkap. Beberapa orang bahkan rela tidak makan sebelum mendapatkan sambal, seolah tak bisa hidup tanpa sambal.
.
Bukan tanpa alasan, sambal begitu melekat dengan budaya makan orang Indonesia. Menurut Koki Billy Kalangi, salah satu alasannya adalah makanan pokok orang Indonesia yang merupakan nasi putih.
.
Rasa nasi putih yang hambar membuat orang Indonesia mencari padanan yang cocok untuk menambah cita rasa dan meningkatkan selera makan.
.
Karena ada nasi putih. Dari penyajiannya supaya nasi putih tadi kaya rasa. Apalagi kalau dengan ayam goreng tanpa sambal ibarat main di taman tanpa bunga,” kata pria yang akrab disapa Chef Billy.
.
“Orang itu ingin makan dengan sempurna dari lauk, sayuran, nasi dan sambal entah itu pedas manis, kecap intinya tradisi mencocol. Mungkin kalau di luar negeri itu seperti keju dan mayonaise. Di Indonesia yang paling nikmat itu sambal,” tutur Chef Billy.
.
Koki selebriti, Bara Pattiradjawane mengungkapkan bahwa selama ini orang Indonesia sudah mengenal bahwa sambal adalah salah satu bagian dari makanan pelengkap di Indonesia.
.
Anggap saja seperti kimchi dalam makanan Korea, atau wasabi di sushi Jepang. .
“Pelengkap makanan Indonesia itu ada beberapa yang paling utama itu kecap, sambal, dan kerupuk. Ketiga elemen itu menurut saya adalah tiga pelengkap hidangan nusantara yang wajib ada di rumah,” kata Chef Bara.
.
Kebiasaan makan sambal sejak kecil ini membuat orang Indonesia terus-menerus mencari sambal di mana pun mereka berada. Sambal adalah salah satu yang dirindukan ketika pergi. .
“Orang Indonesia terbiasa dengan cita rasa yang kuat dan pedas, makanya lidah sudah terbiasa. Kalau sambal enak itu pasti, tapi lebih karena kebiasaan jadinya susah kalau makan tak pakai sambal.”
.
Sumber :
https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180407091903-262-2890
#Medan #Berita #Kuliner #Sambal #Pedas #MedanTalkKuliner #MedanTalk

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply