Carrefour Citra Garden Diresmikan

Carrefour Citra Garden Diresmikan

Peresmian Carrefour Citra GardenCarrefour semakin melebarkan sayapnya di Indonesia dengan diresmikannya retail ke-76 di kawasan Citra Garden Jalan Jamin Ginting Medan, Jumat (6//11). Peresmian ini sekaligus menunjukkan masih menjanjikannya pasar retail di Medan.

“Potensi pasar retail di Medan akan terus bertumbuh. Dan ini masih akan terus membuka peluang di berbagai sektor investasi baik jasa maupun perdagangan,” ucap Shafie Shamsudin, Presiden Direktur Carrefour Indonesia, di sela-sela peresmian gerai Carrefour, yang juga dihadiri Pj Walikota Medan, Rahudman Harahap.

Shafie menuturkan, apresiasi yang diberikan warga Medan pada gerai pertama (Medan Fair Plaza) menguatkan keyakinan bahwa market di kota ini masih sangatlah besar. Ini mendasari keberanian Carrefour membuka cabang ke duanya pada tahun 2009. Shafie memprediksi, ke depan persaingan pasar retail akan semakin ketal. Pasalnnya, pihak asing seperti Jepang sudah mulai melirik pasar Indonesia.

Shafie menjelaskan, sepanjang tahun 2009, Carrefour sudah membuka 7 cabang: 2 di Jawa dan selebihnya di luar Pulau Jawa. Hingga akhir tahun ini, ada 2 cabang lagi yang akan dibangun berlokasi di Pulau Jawa. Rencananya, pada tahun 2010, Carrefour juga akan menambah cabang retail di di Padang. Saat ini, total gerai retail milik PMA ini telah mencapai 76. Sebanyak 62 di antaranya berkategori Hypermarket; dan 14 supermarket.

Sayanya, Shafie tak menyebutkan berapa jumlah investasi yang ditanamkan untuk Carrefour Citra Garden. Ia hanya memberi perbandingan, untuk membuka Carrefour berstandar hypermarket, sedikitnya dibutuhkan investasi senilai Rp 40 miliar. Sedangkan untuk supermarket jumlah investasinya di bawah jumlah tersebut.

Saat disinggung soal lokasi gerai yang berdekatan dengan pasar tradisional, Shafie menyakini, hadirnya Carrefour tak akan menganggu serta bersaing dengan para pedagang kaki lima maupun pemilik kios.

“Karena barang yang kita jual tak sama dengan pedagang, justru Carrefour bisa bermitra dengan pedagang setempat. Pedagang tradisional malah bisa lebih bersaing dan menjaga kebersihan lokasi pasar,” paparnya seraya menambahkan, tahun depan, manajemen Carrefour akan membahas kemitraan dengan pedagang UMKM.

Pj Walikota Medan Rahudman Harahap menyampaikan, kehadiran gerai baru Carrefour diharapkan mampu mendorong bergeraknya pertumbuhan ekonomi masyarakat Medan terutama masyarakat sekitar.

“Selain mendorong percepatan roda ekonomi, juga memperluas lapangan kerja dengan memprioritaskan tenaga kerja dari Kota Medan terutama warga sekitar,” ujar dia.

Rahudman secara khusus menyoroti posisi gerai berdekatan dengan pasar tradisional, di mana dijelaskannya kehadiran Carrefour tak ingin mempersempit ruang gerak para pedagang kaki lima, karena pemko juga menganggap mereka sebagai aset.

“Kehadiran mereka harus tetap dipertahankan agar seluruh pedagang kecil dapat lebih dikembangkan, dan tak bisa dipungkiri pasar tradisional menampung puluhan ribu tenaga kerja,” lanjutnya.

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: