Dampak Buruk Kebanyakan Tidur

Dampak Buruk Kebanyakan Tidur

Tidur terlalu lama bukan malah membuat tubuh lebih segar. Sebaliknya, tidur lebih dari 6-8 jam sehari justru mempercepat kerusakan sel tubuh yang berpotensi mengurangi harapan hidup hingga 17 persen. Tidur berlebih memicu sejumlah penyakit seperti diabetes, hipertensi, migrain, dan meningkatkan risiko penyakit radiovaskuler seperti serangan jantung dan gangguan hormonal.

“Salah satu dampak buruk yang sering muncul akibat terlalu banyak tidur adalah obesitas,” ujar seorang pakar kesehatan di Mumbai, Dr Prakash Lulla. Lalu, bagaimana caranya agar tidur tidak berlebih? Ini tipsnya.

Pastikan makan malam terakhir Anda setidaknya tiga jam sebelum tidur. “Cobalah membiasakan diri makan buah atau segelas susu sebelum makan malam dan hindari minum teh atau kopi sebelum tidur.”

Olahraga rutin. Tak hanya akan membuat Anda tidur nyenyak, tapi juga membuat badan segar.

Usai aktivitas
melelahkan sepanjang hari, mandi di bawah pancuran bisa membuat diri lebih rileks dan tidur pun nyenyak.

Hindari suasana berisik saat tidur. Cobalah mendengarkan musik klasik, membaca buku bertema ringan, atau memainkan game santai menjelang tidur juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Usahakan bangun pagi tak lebih dari pukul 6, karena akan membuat badan lebih segar dan siap melakukan aktivitas seharian tanpa kelelahan saat menjelang tidur kembali.

Ciptakan kamar tidur dengan sirkulasi udara yang baik. Asupan oksigen yang cukup akan membuat pikiran tenang dan menormalkan fungsi tubuh.

Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang sekitar 45 menit tak masalah, asal jangan sampai 2-3 jam karena akan merusak pola tidur malam.

Hindari pikiran
buruk menjelang tidur. Saat stres melanda, gunakan sejumlah trik menenangkan diri seperti meditasi atau yoga menjelang tidur.

Stel alarm dengan ukuran tidur 7-8 jam di pagi hari. Tidur selama waktu itu adalah yang terbaik untuk melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sebab tidur kurang dari itu juga berbahaya bagi kesehatan.

4
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: