Dewan Riset Daerah (DRD) memprediksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan kesulitan mencari sumber air di masa yang akan datang. . “Kalau saat ini air masih bagus. Tapi, 5-10 tahun lagi, akan kesulitan PDAM,” kata Wakil Ketua DRD, Tohar Suhartoni pada acara Peningkatan Investasi dan Perdagangan Indonesia – Jepang, di Medan, Jumat (27/4/2018). . Tohar memaparkan beberapa alasan mengapa ketersediaan air akan menipis di masa yang akan datang. “Pertumbuhan penduduk seakan tidak terbendung, pertumbuhan jumlah perumahan juga demikian, kalau tidak dicari sumber air baru dan hanya mengharapkan sumber saat ini, maka 5 atau 10 tahun mendatang ketersediaan air tidak akan mencukupi lagi,” ungkapnya. . Dia menyebut, daerah Brastagi dan Binjai saat ini memiliki banyak sumber air. Akan tetapi, di masa yang akan datang akan kesulitan. Apalagi, Rantau Parapat, Labuhanbatu. . “Pernah beberapa waktu lalu Dewan Riset melakukan riset air di Rantau Prapat, bagaimana hulu Sungai Barumud ditarik ke Rantau Parapat, tapi terlalu besar biayanya,” jelasnya. . Apabila itu bisa terealisasi, dia yakin ketersediaan air di kawasan Rantau Parapat akan sangat menjanjikan. “Binjai juga demikian banyak kebutuhan air yang tidak bisa diharapkan di masa akan datang, ini menjadi pekerjaan rumah bagi PDAM Tirtanadi,” paparnya. . Kata dia, saat ini Sumut memiliki sebuah gunung aktif yang setiap saat bisa menghembuskan debu vulkanik. Di mana, berdasarkan hasil studi atau kajian Dewan Riset, Gunung Sinabung akan mengeluarkan lahar dingin. . “Apabila itu terjadi, Brastagi bisa amblas, dan bersatu dengan Danau Toba. Mungkin Jepang bisa berinvestasi bagaimana caranya menampung lahar dingin kalau seandainya Brastagi bersatu dengan Danau Toba. Banyak hal yang bisa dijadikan sasaran investasi Jepang di Sumut khususnya bidang energi,” ungkapnya. . Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/online/read/2018/04/28/34542/gawat_5_tahun_ke_depan_pdam_tirtanadi_kesulitan_dapatkan_sumber_air/

Dewan Riset Daerah (DRD) memprediksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan kesulitan mencari sumber air di masa yang akan datang.
.
“Kalau saat ini air masih bagus. Tapi, 5-10 tahun lagi, akan kesulitan PDAM,” kata Wakil Ketua DRD, Tohar Suhartoni pada acara Peningkatan Investasi dan Perdagangan Indonesia – Jepang, di Medan, Jumat (27/4/2018).
.
Tohar memaparkan beberapa alasan mengapa ketersediaan air akan menipis di masa yang akan datang. “Pertumbuhan penduduk seakan tidak terbendung, pertumbuhan jumlah perumahan juga demikian, kalau tidak dicari sumber air baru dan hanya mengharapkan sumber saat ini, maka 5 atau 10 tahun mendatang ketersediaan air tidak akan mencukupi lagi,” ungkapnya.
.
Dia menyebut, daerah Brastagi dan Binjai saat ini memiliki banyak sumber air. Akan tetapi, di masa yang akan datang akan kesulitan. Apalagi, Rantau Parapat, Labuhanbatu.
.
“Pernah beberapa waktu lalu Dewan Riset melakukan riset air di Rantau Prapat, bagaimana hulu Sungai Barumud ditarik ke Rantau Parapat, tapi terlalu besar biayanya,” jelasnya.
.
Apabila itu bisa terealisasi, dia yakin ketersediaan air di kawasan Rantau Parapat akan sangat menjanjikan. “Binjai juga demikian banyak kebutuhan air yang tidak bisa diharapkan di masa akan datang, ini menjadi pekerjaan rumah bagi PDAM Tirtanadi,” paparnya.
.
Kata dia, saat ini Sumut memiliki sebuah gunung aktif yang setiap saat bisa menghembuskan debu vulkanik. Di mana, berdasarkan hasil studi atau kajian Dewan Riset, Gunung Sinabung akan mengeluarkan lahar dingin.
.
“Apabila itu terjadi, Brastagi bisa amblas, dan bersatu dengan Danau Toba. Mungkin Jepang bisa berinvestasi bagaimana caranya menampung lahar dingin kalau seandainya Brastagi bersatu dengan Danau Toba. Banyak hal yang bisa dijadikan sasaran investasi Jepang di Sumut khususnya bidang energi,” ungkapnya.
.
Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/online/read/2018/04/28/34542/gawat_5_tahun_ke_depan_pdam_tirtanadi_kesulitan_dapatkan_sumber_air/
#Medan #Berita #PDAM #Air #MedanTalk

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply