Dewi Kucing Kuno di Reruntuhan Kuil Mesir!

Dewi Kucing Kuno di Reruntuhan Kuil Mesir!

Artefak arkeologi dari sebuah kuil Mesir berusia 2.000-an tahun menunjukkan pemujaan terhadap dewi kucing, Bastet. Temuan terbaru ini
diumumkan lembaga purbakala Mesir pada Selasa (19/1).

Puing-puing kuil kuno dari jaman Ptolemaic itu ditemukan arkeolog Mesir dari jantung kota pelabuhan Alexandria yang dibangun Alexander yang Agung pada sekitar abad ke-4 SM.

Kota itu cukup terkenal pada masa kekuasaan Ratu Cleopatra di masa Dinasti Ptolemaic yang berbahasa Yunani, yang memerintah Mesir selama 300 tahun sampai masa Cleopatra bunuh diri.

Dalam sebuah statemen disebutkan bahwa kuil bagi dewi kucing Bastet, itu diduga kuat milik Ratu Berenice, istri dari Firaun Ptolemy III yang memerintah Mesir pada abad ke-3 sebelum Masehi.

Mohammed Abdel-Maqsood, arkeolog Mesir yang memimpin pengalian itu mengatakan bahwa sejumlah patung bagi Bastet ditemukan di reruntuhan kuil tersebut, diduga kuat ini merupakan kuil pertama dari masa Ptolemaic yang didedikasikan buat dewi kucing yang ditemukan di Alexandria. Mengindikasikan bahwa pemujaan terhadap dewi kucing kuno Mesir berlanjut pada masa sesudahnya dibawah pengaruh Yunani di masa itu.

Patung-patung lain juga ditemukan di reruntuhan kuil yang persisnya berada di kawasan Kom el-Dekkah dekat stasiun utama kereta api kota Alexandria.*

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: