Dicari Duta Bahasa dari Medan

Dicari Duta Bahasa dari Medan

BALAI Bahasa Medan kembali menggelar Pemilihan Duta Bahasa tingkat Sumatra Utara dan kali ini dilaksanakan dengan menggandeng Ikatan Duta Bahasa setempat yang dibentuk alumni Duta Bahasa di daerah itu.

“Pendaftaran calon peserta pemilihan duta bahasa Sumatra Utara ini dibuka hingga 22 September,” kata ketua panitia yang juga Ketua Ikatan Duta Bahasa Sumatra Utara (IDBSU) Citra Hasan Nasution, di Medan, Sabtu (17/9/2011).

Citra yang juga Duta Bahasa Tingkat Nasional 2007 dan Juara III Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional tahun yang sama mengatakan, kegiatan ini terbuka untuk generasi muda yang berdomisili di Sumut.

“Bagi putra-putri se-provinsi Sumatra Utara yang memiliki kepercayaan diri, peduli dan berwawasan luas tentang kebahasaan, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah Sumatra Utara, dan bahasa asing serta memiliki obsesi menjadi Duta Bahasa diharapkan ambil bagian dalam ajang yang menjadi agenda tahunan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Jakarta,” katanya.

Menurut dia, duta bahasa merupakan ajang pemilihan yang berbeda dengan ajang lainnya. Jika ajang yang lain menitikberatkan pada penampilan fisik, maka duta bahasa lebih memusatkan perhatiannya terhadap pemuda-pemudi yang berintelejensi tinggi dan peduli terhadap Bahasa Indonesia, namun berpenampilan yang tidak kalah menarik.

“Sejak 2006 sampai 2010, Duta Bahasa Sumatra Utara juga menorehkan beberapa prestasi di tingkat nasional, dari Juara Favorit sampai Juara III,” katanya.

Ia mengatakan, ajang pemilihan Duta Bahasa se-Sumut tahun 2011 ini juga bertujuan untuk sosialisasi tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Persyaratan
Syarat yang harus diikuti calon peserta antara lain, warga negara Indonesia, berusia maksimal 25 tahun, belum menikah, berpendidikan minimal SMA/sederajat dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia.

Menguasai salah satu bahasa daerah wilayah Sumatera Utara dan sekurang-kurangnya mampu berbahasa asing, mempunyai pengetahuan tentang provinsi Sumatera Utara, berkepribadian baik, dan berpenampilan menarik.

Calon peserta yang berminat mengikuti pemilihan tersebut bisa mendaftarkan diri dengan cara daring (online) pada laman www.dubassumut.blogspot.com. Hal ini dilakukan karena kecanggihan teknologi pada masa sekarang dan memudahkan para calon peserta yang memiliki mobilitas tinggi untuk mendaftar.

“Yang terpilih, akan kami bekali lagi dengan wawasan kebahasaan dan kesastraan serta potensi kebudayaan Sumatra Utara,” katanya. (Sumber:Bisnis Sumatera)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: