Diet kaya akan minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan, unggas dan buah-buahan dan sayuran tertentu mungkin memiliki dampak yang kuat untuk meredam penyakit Alzheimer, Ini berdasarkan hasil penelitian yang dilaporkan awal pekan ini.
Orang-orang yang makan nutrisi pilihan secara khusus untuk kesehatan otak mempunyai risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit Alzheimer dibandingkan dengan orang lain. Begitu menurut Yian Gu, seorang peneliti penyakit Alzheimer di Columbia University di New York, yang dibantu
rekan-rekannya.
“Diet ini mungkin cara termudah untuk mengubah risiko penyakit,” kata Gu, yang hasil studinya dimuat dalam Archives of Neurology.
Gu mengatakan karena tidak ada obat untuk Alzheimer, maka pencegahan adalah kunci.
“Jika kita mengikuti diet ini, itu berarti risiko terkena penyakit ini akan diturunkan,” kata Gu dalam wawancara telepon seperti yang dikutip dari
Reuter dan dilansir Yahoo!News, kemarin.
Tim peneliti Gu mempelajari kelompok makanan tinggi nutrisi yang telah terbukti berhubungan dengan risiko penyakit Alzheimer. Beberapa, seperti asam lemak jenuh dalam daging merah dan mentega, perlu dihindari. Lainnya, seperti asam lemak omega-3, omega-6 asam lemak, vitamin E, vitamin B12 dan folat, sangat bermanfaat otak.
Untuk penelitian ini, tim Gu mengumpulkan informasi tentang diet dari 2.148 orang sehat di atas 65 tahun untuk rata-rata 4 tahun. Mereka diperiksa untuk penyakit Alzheimer setiap 18 bulan. Dari jumlah tersebut, 253 terserang Alzheimer, yang tidak tersembuhkan.
Mereka yang paling mungkin untuk terserang penyakit ini makan lebih banyak salad minyak zaitun berbasis dressing, kacang, ikan, tomat, unggas, sayuran
seperti brokoli, buah-buahan, dan gelap dan sayuran berdaun hijau dan makan daging merah kurang, daging organ atau lemak tinggi produk susu.
“Orang-orang yang menganut sebagian besar pola diet ini dibandingkan dengan orang lain tentang penurunan 40 persen dalam risiko perkembangan
penyakit Alzheimer,” kata Gu.
Dia mengatakan diet mungkin bekerja dalam dua cara. Karena kaya kandungan makanan sehat bagi jantung, mungkin juga melindungi otak dari stroke yang bisa membuatnya lebih rentan terhadap penyakit Alzheimer.
Tapi mungkin juga bahwa nutrisi – seperti omega-3 asam lemak, antioksidan dan asam folat – langsung melindungi otak.
Perawatan saat ini cukup membantu dalam beberapa gejala, tetapi tidak dapat membalikkan jalannya Alzheimer, suatu bentuk pikiran yang melemah (pikun
dan pelupa) yang mempengaruhi lebih dari 26 juta orang di seluruh dunia.*
Popularity: 1% [?]
RSS Feeds
Twitter
Facebook
E-Mail












