Eks pengungsi Sinabung yang direlokasi di kawasan Siosar tahun 2015 lalu mendapat pelatihan dari Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), belum lama ini. . Pelatihan yang diikuti sekitar 25 peserta itu merupakan program penguatan ekonomi, khususnya perempuan, melalui model alternatif livelihood peternakan puyuh. Jenis pelatihan berupa cara menetaskan telur puyuh. . Ismail Marzuki, program manager kegiatan menjelaskan, kegiatan dengan pelatih Rudi Candra tersebut dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta pelatihan. . Peserta pelatihan yang tergabung dalam Kelompok Meriah Ukur ini diharapkan secara swadaya dan berkelanjutan dapat menghasilkan day old quail (DOQ) atau bibit puyuh jenis Cortuix Japonica atau puyuh Jepang untuk diternakkan masyarakat asal Desa Suka Meriah. . “Nantinya, seluruh anggota kelompok Meriah Ukur, tidak lagi membeli bibit puyuh, tapi mereka dapat menetaskan sendiri, bahkan nantinya kita harapkan mereka menjual bibit puyuh di pasaran,” ujar Ismail kepada Analisadaily.com, Jumat (2/3). . Untuk itu, program PKPA dengan dukungan dari Yayasan Dompet Dhuafa tersebut telah menghibahkan mesin tetas telur puyuh dengan kapasitas tetas 200 butir sebanyak lima unit kepada Kelompok Meriah Ukur. . Rudi Candra, yang merupakan pengusaha puyuh di Deli Serdang menambahkan, mesin tetas telur puyuh tersebut sesuai untuk pemula. Karena jika menghibahkan mesin dengan kapasitas lebih besar, maka faktor risiko kegagalan nantinya dapat menghambat kemajuan usaha. . “Mesin ini memang kapasitasnya kecil, tapi ini cocok untuk pengusaha pemula, apalagi mesinnya secara otomatis berputar sendiri sehingga telur secara merata dapat dipanasi. Jadi mereka tidak terlalu repot mengurus penetasan,” jelas Rudi. . Ismail juga berharap program seperti ini dapat menjadi percontohan alternatif penguatan ekonomi bagi pengungsi Gunung Sinabung lainnya yang telah direlokasi. . Sumber : http://m.analisadaily.com/read/eks-pengungsi-sinabung-kembangkan-penetasan-telur-puyuh/514628/2018/03/02

Eks pengungsi Sinabung yang direlokasi di kawasan Siosar tahun 2015 lalu mendapat pelatihan dari Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), belum lama ini.
.
Pelatihan yang diikuti sekitar 25 peserta itu merupakan program penguatan ekonomi, khususnya perempuan, melalui model alternatif livelihood peternakan puyuh. Jenis pelatihan berupa cara menetaskan telur puyuh.
.
Ismail Marzuki, program manager kegiatan menjelaskan, kegiatan dengan pelatih Rudi Candra tersebut dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta pelatihan.
.
Peserta pelatihan yang tergabung dalam Kelompok Meriah Ukur ini diharapkan secara swadaya dan berkelanjutan dapat menghasilkan day old quail (DOQ) atau bibit puyuh jenis Cortuix Japonica atau puyuh Jepang untuk diternakkan masyarakat asal Desa Suka Meriah.
.
“Nantinya, seluruh anggota kelompok Meriah Ukur, tidak lagi membeli bibit puyuh, tapi mereka dapat menetaskan sendiri, bahkan nantinya kita harapkan mereka menjual bibit puyuh di pasaran,” ujar Ismail kepada Analisadaily.com, Jumat (2/3).
.
Untuk itu, program PKPA dengan dukungan dari Yayasan Dompet Dhuafa tersebut telah menghibahkan mesin tetas telur puyuh dengan kapasitas tetas 200 butir sebanyak lima unit kepada Kelompok Meriah Ukur.
.
Rudi Candra, yang merupakan pengusaha puyuh di Deli Serdang menambahkan, mesin tetas telur puyuh tersebut sesuai untuk pemula. Karena jika menghibahkan mesin dengan kapasitas lebih besar, maka faktor risiko kegagalan nantinya dapat menghambat kemajuan usaha.
.
“Mesin ini memang kapasitasnya kecil, tapi ini cocok untuk pengusaha pemula, apalagi mesinnya secara otomatis berputar sendiri sehingga telur secara merata dapat dipanasi. Jadi mereka tidak terlalu repot mengurus penetasan,” jelas Rudi.
.
Ismail juga berharap program seperti ini dapat menjadi percontohan alternatif penguatan ekonomi bagi pengungsi Gunung Sinabung lainnya yang telah direlokasi.
.
Sumber : http://m.analisadaily.com/read/eks-pengungsi-sinabung-kembangkan-penetasan-telur-puyuh/514628/2018/03/02
#Medan #Berita #Pengungsi #Sinabung #MedanTalk

Berita Cerita Kota Medan

Photo taken at: Medan, Indonesia

Video posted

Untuk informasi pasang iklan , cek sponsors dan informasi lowongan kerja cek KarirGram.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply