Fenomena Lubang Hitam Baru!

Fenomena Lubang Hitam Baru!

Ledakan supernova tahun 1979, kini diyakini telah memunculkan satu lubang hitam baru di luar angkasa. Walau masih berukuran kecil, namun ia potensial berkembang menjadi lubang yang terus menerus menyedot sisa-sisa gas dari ledakan bintang, dan menelan semua yang terlihat.

Mengenai fenomena yang teramati itu, ahli astrofisika Harvard, Avi Loeb – yang juga membantu menulis laporan dalam jurnal New Astronomy dan mediskusikan temuannya pada konferensi NASA, Senin, mengatakana bahwa: “Ini pertama kalinya (kami) melihat lubang hitam yang lahir di supernova normal. Kita bisa belajar tentang lingkungan yang tidak bisa direproduksi di laboratorium dan hanya dapat diamati di alam semesta…”

Gambar-gambar fenomena lubang hitam itu tertangkap teleskop ruang angkasa Chandra X-Ray. Artinya bagi kancah ilmu pengetahuan luar angkasa, ini merupakan peluang besar untuk mengamati peristiwa kosmik dari awal, kata Alex Filippenko dari University of California di Berkeley yang tidak ambil bagian dalam penelitian tersebut.

Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini menyedot apa saja yang berada di dekatnya, mencegah apa pun lolos darinya, termasuk radiasi elektromagnetik yang tidak dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, karena itu ia disebut “hitam”.* (AP/NASA/Yahoo/int)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: