FIFA Ambil Alih PSSI

FIFA Ambil Alih PSSI

KOMITE Darurat FIFA hari ini (Senin (4/4/2011) mengumumkan secara resmi akan membentuk Komite Normalisasi yang akan mengambil alih tugas dari Komite Eksekutif PSSI.

“Menyusul situasi terakhir yang berhubungan dengan asosiasi sepakbola Indonesia, PSSI, Komite Darurat FIFA memutuskan pada tanggal 1 April 2011, sesuai dengan pasal 7, ayat 2 dari statuta FIFA, Komite Normalisasi akan mengambil alih dari komite eksekutif PSSI saat ini,” bunyi pernyataan resmi FIFA dalam website resmi mereka.

 

Tugas dari Komite Normalisasi itu sendiri nantinya akan menyelenggarakan pemilihan umum berdasarkan statuta FIFA dan statuta PSSI sebelum 21 Mei 2011. Mereka juga akan mengusahakan Liga Primer Indonesia (LPI) untuk segera dioperasikan di bawah kendali PSSI atau jika tidak dihentikan sesegera mungkin.

 

Sebab, saat ini Komite Darurat FIFA menganggap PSSI (di bawah Nurdin Halid) tidak lagi memiliki kekuasaan dan otoritas untuk menghentikan krisis di dunia persepak-bolaan Indonesia.

 

“Komite Darurat FIFA menganggap kepemimpinan PSSI saat ini tidak dapat mengontrol sepak bola di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan kegagalan mereka untuk mengontrol liga terpisah (Liga Primer, LPI) yang berdiri tanpa keterlibatan PSSI, atau dengan fakta di mana mereka tidak dapat menyiapkan kongres yang merupakan satu-satunya tujuan adalah untuk mengadopsi electoral code kami dan membentuk komite pemilihan. Komite Darurat FIFA menyimpulkan bahwa kepemimpinan PSSI telah kehilangan kredibilitas di Indonesia dan tidak memiliki posisi lagi untuk memimpin proses guna menyelesaikan krisis saat ini,” jelas pernyataan itu.

 

Komite Normalisasi ini nantinya terdiri dari tokoh sepak bola terkemuka di Indonesia, yang nantinya tidak akan bisa duduk dalam jajaran kepengurusan PSSI atau bertindak sebagai Komite Pemilihan. FIFA juga dalam pernyataannya sekali lagi menegaskan bahwa mereka tetap menolak pencalonan diri empat kandidat calon ketua umum PSSI sebelumnya, yang juga ditolak oleh Komite Banding PSSI Februari lalu. Yakni, Nurdin Halid, Nirwan Bakrie, George Toisutta, serta Arifin Panigoro.(Sumber:Bola.Net)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: