Gempa 8,8 SR, Isu!

Gempa 8,8 SR, Isu!

ParmaMelor_AMO_TMO_2009279

Isu akan adanya gempa berkekuatan besar di Indonesia semakin menyebar kemana-mana. Isu seperti ini beredar lewat pesan singkat (SMS), internet, dan situs-situs jaringan pertemanan seperti facebook.

Daerah yang paling banyak mendapat terpaan badai isu ini di antaranya wilayah Jawa Timur. Saking gencarnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo merasa perlu memberikan klarifikasi. Ia berharap agar masyarakatnya tidak menanggapi begitu saja isu-isu yang justru akan membahayakan dan merusak ketenangan itu. Harapannya itu disampaikannya pada Rabu (7/10) di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya.

Menurut Soekarwo, pihaknya sudah mengklarifikasi isu ini kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Surabaya dan Jakarta. Kesimpulannya, cuma sekadar isu. “Suasana Jatim tak menunjukkan adanya potensi gempa bumi. Tapi perlu disadari bersama, gempa bumi sendiri tak dapat diprediksi,” kata Soekarwo.

Isu seperti ini ternyata menyebar kencang di Surabaya lewat pesan singkat. Pesan itu berbunyi, “Tlg, mohon diberitahukan kepada kerabat dan keluarga. Katanya nanti malam jam 12 dan jam 01 mau ada gempa, barangkali terjadi. Mudah2an gak terjadi.”

Badai Parma
Sementara itu, ancaman badai tropis Parma dan diikuti badai Melor kembali mengancam Filipina, Jepang, dan bahkan Indonesia. Sabtu pekan lalu, Parma menghantam sebelah utara Filipina yang menimbulkan banjir dan juga longsor. Puluhan orang tewas dalam peristiwa ini. Kerugian juga tidak sedikit, US$ 16,8 juta akibat rusaknya pertanian dan infrastruktur di negara tersebut.

Kini, usai Parma, Badai Melor yang masuk kategori 4 menuju sebelah selatan Okinawa dan kemungkinan akan menghantam Tokyo, Kamis, pekan ini. Keterangan ini berdasarkan situs yang mengeluarkan prakiraan cuaca. Badai ini memiliki kecepatan antara 211 dan 215 kilometer per jam.

Di Taiwan, Parma dengan kecepatan 105 kilometer per jam diperkirakan masih akan membawa dampak kerusakan dan membawa hujan deras di Taiwan. Ribuan jiwa harus dievakuasi untuk menghindari jatuhnya korban sebanyak 770 orang akibat badai pada Agustus lalu. Bagaimana menurut Anda? (int)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: