Harga Beras di Medan Naik, Stok Cukup

Harga Beras di Medan Naik, Stok Cukup

Harga beras di Sumatera Utara dan Kota Medan terus beranjak naik. Pantauan di sejumlah pasar tradisional seperti di Pusat Pasar Medan, tercatat harga beras C4 ukuran 30 kg yang awalnya Rp 170.000 naik menjadi Rp 180.000 per karung, IR 64 awalnya Rp 195.000 menjadi Rp 205.000 per karung.


Kenaikan ini tentu saja membuat warga khawatir. Boru Simatupang, warga Jalan Arif Rahman Hakim Medan, mengatakan, kenaikan harga beras ini sudah mengkhawatirkan. “Masa semua barang harganya naik,” keluhnya.

Untuk mengendalikan harga beras ini, Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara, M. Muchtar Saad, Rabu (11/8), mengatakan akan menyalurkan jatah beras miskin (raskin) bulan Agustus dan September 2010 sekaligus di bulan Agustus ini.

“Untuk menekan kenaikan harga beras, jatah raskin dua bulan yakni Agustus dan September 2010 bisa disalurkan sekaligus. Bulog Sumut menyiap menyalurkan jatah raskin dua bulan sekaligus,” kata Muchtar.

Namun, untuk merealisasikannya, dibutuhkan dukungan Pemprovsu untuk mendesak kepala daerah kabupaten/kota di Sumut agar segera mengajukan surat permintaan alokasi (SPA) raskin sesuai kebutuhan masin-masing daerah.

Saat ini, ada sekitar 39,345 ton persediaan beras di gudang Bulog. Persediaan itu cukup hingga tiga bulan ke depan. Malah, tak lama lagi akan masuk pasokan beras sekitar 19.200 ton beras dari Jawa Timur.

Muchtar menambahkan, sebenarnya dengan stok beras yang ada sekarang ini, Bulog bisa melakukan operasi pasar (OP). Tetapi karena kenaikan masih di bawah 10 persen, OP belum bisa dilakukan.

Sumber Foto: http://pnpmmpjateng.co.cc

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: