Hari Ini di Medan, Hujan = Banjir

Hari Ini di Medan, Hujan = Banjir

medan banjir

Petir dan hujan lebat menerpa Kota Medan hari ini, Jumat (16/10/2009). Hujan deras yang mengguyur selama satu jam lebih siang tadi langsung memunculkan “sungai-sungai” baru di beberapa ruas jalanan beraspal di berbagai tempat di Medan. Akibat genangan air tersebut lalu lintas sempat terganggu.

Apa yang terjadi di Medan saat ini setiap kali turun hujan lebat adalah genangan air dan banjir lokal. Walau sifatnya hanya sementara, itu menjadi nilai buruk bagi kota yang pernah mendapat anugerah Adipura ini. Parit dan saluran air kota yang ada saat ini terbukti tak mampu lagi menahan limpahan air hujan.

Walau di sejumlah tempat dilakukan proyek penggalian parit dan perbaikan drainase, toh, banjir masih menjadi langganan di banyak tempat. Barangkali perencanaan pembuatan saluran air kotor (drainase kota) tidak terintegrasi dalam master plan yang benar-benar matang. Ini diperparah dengan habit warga kota yang masih tidak peduli pada aspek lingkungan bersih dengan membuang sampah sembarang langsung ke sungai dan kali, parit, gorong-gorong. Atau bisa juga akibat semakin minimnya daerah resapan air yang tersedia di Kota Medan.

Masalah draianse, banjir, dan tata kota adalah satu “homework” yang harus dipikirkan oleh Pemko Medan dan walikota berikutnya bersama seluruh DPRD yang baru! Tidak kecuali seluruh lapisan masyarakat untuk sadar linhkungan dan memberikan ide dan kritik untuk membuat wajah medan lebih baik.*

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: