Imigrasi Polonia Amankan 9 Imigran Gelap Afghanistan

Imigrasi Polonia Amankan 9 Imigran Gelap Afghanistan

MEDAN – Sebanyak sembilan orang imigran gelap asal Afganistan diamankan pihak Imigrasi Kelas I Polonia Medan, Selasa (24/1/2012) malam. Semua imigran yang diamankan tidak memiliki dokumen imigrasi (paspor).

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kelas I Imigrasi Polonia Medan Lilik Bambang Lestari, Rabu (25/1/2012).

Dijelaskannya, penangkapan berawal dari laporan petugas imigrasi Bandara Polonia Medan, bahwa ada tiga orang warga asing tanpa kepemilikan dokumen. Mendapat laporan ini, petugas imigrasi lalu menindaklanjuti informasi tersebut.

“Di sana (bandara) kita menemukan memang ada tiga warga Afghanistan yang diketahui tak memiliki paspor,” kata Lilik. Dari pemeriksaan awal diketahui, ada enam orang Afghanistan lainnya yang akan menaiki pesawat.

“Tiga orang kita temui di ruang check in dan tiga lagi sudah ada berada di dalam pesawat. Mereka lalu diamankan,” kata Lilik lagi.

Dari pemeriksaan diketahui, mereka masuk ke Indonesia lewat pelabuhan Tanjung Balai, Sumatera Utara. Mereka lalu ke Medan lewat jalur darat dan bermaksud terbang ke Jakarta dan kemudian ke Australia.

Kesembilan imigran yang diamankan tersebut yakni, Rehmatullah (23), Elijah Ali (32), Ali Azhar (16), Abdul Husein (29), Reza (15), Ali (20), Hasan (17), Abbas Ali Haidiri (22) dan Kamran (27)

Elijah Ali, kepada wartawan mengatakan, terpaksa hengkang dari negaranya karena peperangan yang masih berlangsung. “Kami takut menjadi sasaran target pembunuhan dari mereka yang bertikai,” ujar Elijah dengan bahasa Inggris yang terbata-bata.

Saat ini seluruh imigran masih diperiksa pihak Imigrasi. “Sementara kita amankan, kemungkinan ada saja dideportasi terkait tak ada dokumen,” kata Lilik lagi. (Laporan: Aza)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: