Imigrasi Polonia Tangkap Belasan Imigran Gelap

Imigrasi Polonia Tangkap Belasan Imigran Gelap

MEDAN- Kota Medan sepertinya menjadi tujuan pelarian imigran gelap dari sejumlah negara yang sedang memanas situasi politiknya. Pihak Imigrasi Polonia Medan, Senin (21/11/2011), kembali mengamankan 15 imigran gelap dari berbagai negara.

Hasil pemeriksaan sementara menunjukkan mereka akan melanjutkan perjalanan ke Australia untuk mendapatkan suaka politik. Kota medan, aku mereka hanya sebagai kota transit dari pelarian.

Ke-15 imigran gelap itu berasal dari Pakistan, Afghanistan dan Myanmar, Mereka lalu diamankan ke Kantor Imigrasi Polonia Kelas I di Jalan Mangkubumi Medan. Dari seluruh imigran, dua di antaranya merupakan balita yang dibawa kedua orangtuanya dari negara asal mereka.

Nurul Amin (36 tahun) imigran asal Myanmar mengatakan, junta militer Myanmar yang berkuasa membuat kehidupannya lebih banyak dilanda ketakutan. “Sering ada penangkapan tanpa diketahui apa kesalahan diperbuat,” kata Nurul dalam bahasa Inggris seadanya.

Jon Ali (29 tahun) bersama istri Tahira (24) dan anaknya Ali (3), melarikan diri sejak setahun lalu dari Afghanistan. Peperangan yang tak kunjung henti di negaranya membuat keluarga Jon ingin mencari kehidupan baru di Australia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Polonia Medan, Lilik, mengatakan warga negara asing terebut ditangkap secara bertahap saat berada di Bandara Polonia Medan. Mereka rencananya akan terbang ke Jakarta melalui Bandara Polonia Medan.

“Sabtu lalu, tim gugus tugas di Bandara menangkap tiga orang WNA tanpa identitas, dua di antaranya dari Afganistan dan satu dari Pakistan. Pagi tadi, sekitar pukul lima, tim di Polonia kembali mengamankan enam orang warga negara Afghanistan, yang mau berangkat ke Jakarta,” ujar Lilik di Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, Jalan Mangkubumi Medan.

Pihak Imigrasi akan berkoordinasi dengan pihak IOM, lembaga internasional di bawah PBB yang menangani pengungsi. “Jika terbukti melakukan kesalahan, kemungkinan seluruh imigran tersebut akan segera dideportasi atau dikembalikan ke negara asalnya,” tukas Lilik.

Selain ke-15 imigran ini, kini pihak imigrasi juga masih memburu empat imigran asal Afghanistan, yang kabur dari lokasi wisata Theme Park, Serdang Bedagai saat dibawa rekreasi pekan lalu. (Laporan: Aza)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: