Ini Penjelasan Soal Powerbank Dibatasi Terbang di Pesawat . Direktorat Jenderal Perhubungan Udara baru saja menerbitkan surat edaran tentang ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium cadangan ke pesawat udara. Pentingkah hal tersebut dilakukan? . detikINET coba menghubungi pengamat gadget Lucky Sebastian. Dia mengatakan Surat Edaran (SE) Nomor 015 Tahun 2018 memang sudah seharusnya ada. . “Selain kelalaian, aturan ini juga perlu untuk melihat ancaman teroris, yang sekarang mungkin saja mengalihkan bahan peledak dengan menggunakan baterai,” ujar Lucky. . Lanjut dijelaskannya baterai lithium yang sekarang banyak digunakan memang bisa meledak jika terkena panas berlebih atau short curcuit. Sekarang ini tidak hanya smartphone ataupun laptop, perangkat powerbank dan drone juga menggunakan baterai dan sering dibawa berpergian. . “Tidak semua powerbank dibuat dengan kualitas yang sama. Banyak juga yang abal-abal dan mengabaikan tingkat keamanan. Semakin besar kapasitasnya baterainya, risikonya semakin tinggi jika meledak,” kata pria berkacamata ini. . Karena itu, saat ini banyak maskapai menyediakan slot USB untuk penumpang mengisi ulang ponselnya di bangku. Walaupun lama pengisiannya, tetapi setidaknya lebih ketat aturan keamanannya . Terkait kapasitas maksimum 100 wh (sekitar 20.000 mAh, tergantung votage) powerbank yang diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat, menurut Lucky pembatasan tersebut sudah cukup. Toh penumpang masih bisa membawa yang kapasitas lebih dengan melapor terlebih dulu ke otoritas penerbangan. . Dalam kesempatan ini, Lucky memberikan tips agar aman membawa powerbank selama melakukan perjalanan. . 1. Powerbank dan baterai biasanya tidak diijinkan dimasukkan ke dalam bagasi bersama koper dalam penerbangan, tetapi harus dimasukkan ke dalam tas yang kita bawa ke kabin, ini supaya lebih mudah pengawasannya . 2. Selama terbang, jangan melakukan charging dengan powerbank. Sebab proses charging membuat powerbank menghasilkan panas. Jadi pastikan proses charging dilakukan sebelum lepas landas atau sebelum masuk ke dalam pesawat . Sumber : www.detik.com [Bersambung dikomentar]

Ini Penjelasan Soal Powerbank Dibatasi Terbang di Pesawat
.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara baru saja menerbitkan surat edaran tentang ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium cadangan ke pesawat udara. Pentingkah hal tersebut dilakukan?
.
detikINET coba menghubungi pengamat gadget Lucky Sebastian. Dia mengatakan Surat Edaran (SE) Nomor 015 Tahun 2018 memang sudah seharusnya ada.
.
“Selain kelalaian, aturan ini juga perlu untuk melihat ancaman teroris, yang sekarang mungkin saja mengalihkan bahan peledak dengan menggunakan baterai,” ujar Lucky.
.
Lanjut dijelaskannya baterai lithium yang sekarang banyak digunakan memang bisa meledak jika terkena panas berlebih atau short curcuit. Sekarang ini tidak hanya smartphone ataupun laptop, perangkat powerbank dan drone juga menggunakan baterai dan sering dibawa berpergian.
.
“Tidak semua powerbank dibuat dengan kualitas yang sama. Banyak juga yang abal-abal dan mengabaikan tingkat keamanan. Semakin besar kapasitasnya baterainya, risikonya semakin tinggi jika meledak,” kata pria berkacamata ini.
.
Karena itu, saat ini banyak maskapai menyediakan slot USB untuk penumpang mengisi ulang ponselnya di bangku. Walaupun lama pengisiannya, tetapi setidaknya lebih ketat aturan keamanannya
.
Terkait kapasitas maksimum 100 wh (sekitar 20.000 mAh, tergantung votage) powerbank yang diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat, menurut Lucky pembatasan tersebut sudah cukup. Toh penumpang masih bisa membawa yang kapasitas lebih dengan melapor terlebih dulu ke otoritas penerbangan.
.
Dalam kesempatan ini, Lucky memberikan tips agar aman membawa powerbank selama melakukan perjalanan. .
1. Powerbank dan baterai biasanya tidak diijinkan dimasukkan ke dalam bagasi bersama koper dalam penerbangan, tetapi harus dimasukkan ke dalam tas yang kita bawa ke kabin, ini supaya lebih mudah pengawasannya
.
2. Selama terbang, jangan melakukan charging dengan powerbank. Sebab proses charging membuat powerbank menghasilkan panas. Jadi pastikan proses charging dilakukan sebelum lepas landas atau sebelum masuk ke dalam pesawat
.
Sumber : www.detik.com
#Medan #Berita #Powerbank #Penerbangan #Pesawat #MedanTalk
[Bersambung dikomentar]

Berita Cerita Kota Medan

Photo taken at: Medan, Indonesia

Video posted

Untuk informasi pasang iklan , cek sponsors dan informasi lowongan kerja cek KarirGram.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply