Kasus Pembunuhan Jalan Bandung “Ditakeover” Poldasu

Kasus Pembunuhan Jalan Bandung “Ditakeover” Poldasu

Putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang membebaskan Zainal Abidin Nasution dalam kasus pembunuhan terhadap Komisaris PT Sewangi Sejati Luhur, Kusuma Widjaya, di Jalan Bandung no. 90 pada 26 Mei 2009 lalu nampaknya menjadi perhatian Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu).

Kapoldasu Irjen Pol Ogroseno, di Makodam I/BB, Kamis (10/6), mengatakan, akan melakukan audit investigasi terkait kasus tersebut. “Kita akan mempelajari di mana letak kelemahan dalam penyidikan tersebut apakah sudah sempurna atau belum, dalam hal ini kita akan melakukan audit investigasi dalam kasus tersebut,” kata Ogroseno.
Dijelaskannya, pihak Propam akan melakukan pemeriksaan kasus itu, termasuk pemeriksaan terhadap mantan Kapolsek Medan Kota yang menangani perkara itu. “Sebab dengan adanya putusan bebas, pihak penyidik akan diperiksa komisi kode etik,” katanya lagi.
Sebelumnya, Pimpinan Majelis Hakim Suhartanto SH menjatuhkan vonis bebas karena tidak terbukti bersalah dan menyakinkan melakukan pembunuhan. Majelis hakim juga meminta Zainal Abidin dibebaskan dari Rumah Tahanan (Rutan) dan memulihkan harkat dan martabatnya.

Zainal melalui kuasa hukumnya dari LBH Medan berencana akan menggugat Poldasu dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Gugatan itu terkait dengan banyaknya kejanggalan dan keterangan sejumlah saksi di persidangan dalam peristiwa pembunuhan terhadap Kusuma Widjaya yang mengarah bahwa Zainal bukanlah pelaku sebenarnya.
Malah, setelah ditangkap Polsek Medan Kota pada 27 Mei 2009 lalu, kaki Zainal malah ditembak. Inilah yang dituntut kuasa hukum Zainal, meminta Kapoldasu memeriksa oknum anggotanya yang telah melakukan penembakan dan mengungkap pelaku pembunuhan sesungguhnya.

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: