Keputusan Naik Tidaknya BBM Ditentukan Hari Ini

Keputusan Naik Tidaknya BBM Ditentukan Hari Ini

JAKARTA – Rencana pemerintah untuk menaikkan bahan bakar minyak (BBM) masih menunggu persetujuan dari DPR. Hari ini, Badan Anggaran (Banggar) akan menggelar sidang paripurna akan memutuskan opsi mana yang akan dipilih.Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menjelaskan ada perbedaan mendasar dalam menanggapi dan melihat rencana pemerintah melambungkan harga BBM. “Kalau kita lihat apa yang disampaikan pemerintah terkait kenaikan BBM, total subsidinya kan ada angka yang berbeda jika dihitung oleh teman-teman yang menolak kenaikan BBM,” jelas Pramono kemarin di Jakarta.

Dia katakan, akan ada pengambilan keputusan menolak atau menerima kenaikan harga BBM pada rapat paripurna hari ini.

Satu opsi adalah menaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 1.500 per liter dengan subsidi energi sebesar sebesar Rp 225,4 triliun. Opsi ini juga memberikan persetujuan adanya dana cadangan risiko fiskal sebesar Rp 23 triliun serta dana kompensasi atas kenaikan BBM bersubsidi sebesar Rp 30,6 triliun. Kalau opsi itu dipilih, pemerintah dan parlemen harus merevisi pasal 7 ayat 6 di APBN 2012 yang berbunyi harga jual eceran BBM bersubsidi tidak boleh mengalami kenaikan.

Ada sebagian fraksi DPR yang ingin tetap mempertahankan pasal 7 ayat 6, seperti di UU APBN 2012. Dengan demikian, pemerintah tidak diperkenankan menaikkan harga BBM. “Dua opsi itulah yang akan diambil keputusan dalam paripurna besok, antara yang menerima kenaikan BBM dan menolak kenaikan BBM, ” ujarnya.

Kelompok di DPR yang mengizinkan adanya kenaikan BBM menginginkan bantuan langsung sementara untuk masyarakat dinaikkan menjadi sekitar Rp 30 triliun. “Yang kedua adalah opsi menolak kenaikan BBM, yaitu dari partai PDIP, Gerindra dan Hanura,” demikian Pramono.

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: