Kisah pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Medan berlanjut. Setelah Sutarman yang lima tahun dikurung di bekas kamar mandi, kemarin terungkap kisah dua abang beradik, yang selama 4 tahun dikurung di sebuah ruangan bertembok ukuran 2×2 meter. Tak ada tempat tidur di sana. Selama 4 tahun itu, kakak adik penderita gangguan mental ini tidur di atas lantai dingin. Tanpa kasur, bantal, atau bahkan selimut. . Iwan Tampubolon (43) dan Coky Tampubolon (39) hanya terdiam, saat tim pelepasan pasien ODGJ menyambangi kediaman orangtua mereka. Dari dalam kamar berpintu besi itu, di Jalan Garpu, Kecamatan Medan Petisah, keduanya dibawa keluar. . Abang beradik yang rambutnya tampak gondrong dan kucel itu cenderung tenang. Coky tidak mengenakan baju dan tampak memegang rokok. Sedangkan abangnya mengenakan kaus. Tubuh keduanya kurus. Lantai dan dinding tempat mereka dikurung tampak berwarna kecoklatan. . Di rumah sederhana itu, keduanya tinggal bersama ibunya yang sudah renta, Boru Hutagaol (84), dan abang mereka, Hasudungan Tampubolon. Abang adik I I merupakan anak nomor ke-8 dan 7 dari keluarga Tampubolon. Ibunya yang sudah pikun tak banyak bicara, saat tim datang hendak memboyong kedua anaknya ke RSJ. . Hasudungan saat diwawancarai menyebut, bibit depresi yang dialami kedua adiknya terjadi sejak lama. Yang pertama kali menunjukkan gelagat depresi adalah adiknya yang paling bungsu, Coky Tampubolon. . “Si Coky ini sebenarnya agak bandal. Sejak kecil dulu bandalnya sudah nampak. Dia tidak tamat sekolah, cuma sampai kelas 5 SD saja. Dia itu tidak mau diajari. Tapi mengajari yang pintaran. Dia itu pintar waktu kecil,” ungkap Hasudungan kepada Sumut Pos, Kamis (3/5). . Setelah beranjak dewasa, persisnya di usia 20 tahunan, Coky mulai menunjukkan gejala gangguan jiwa. Banyak tetangga yang komplain dengan sikapnya. “Memang sudah nampak gejalanya sejak lama. Tapi mulai-mulai diobati sama mamak kami sejak tahun 2014 dibantu abangnya Iwan,” ceritanya. . Sumber : http://sumutpos.co/2018/05/04/abang-adik-ini-tidur-di-lantai-dingin-selama-4-tahun/3/

Kisah pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Medan berlanjut. Setelah Sutarman yang lima tahun dikurung di bekas kamar mandi, kemarin terungkap kisah dua abang beradik, yang selama 4 tahun dikurung di sebuah ruangan bertembok ukuran 2×2 meter. Tak ada tempat tidur di sana. Selama 4 tahun itu, kakak adik penderita gangguan mental ini tidur di atas lantai dingin. Tanpa kasur, bantal, atau bahkan selimut.
.
Iwan Tampubolon (43) dan Coky Tampubolon (39) hanya terdiam, saat tim pelepasan pasien ODGJ menyambangi kediaman orangtua mereka. Dari dalam kamar berpintu besi itu, di Jalan Garpu, Kecamatan Medan Petisah, keduanya dibawa keluar.
.
Abang beradik yang rambutnya tampak gondrong dan kucel itu cenderung tenang. Coky tidak mengenakan baju dan tampak memegang rokok. Sedangkan abangnya mengenakan kaus. Tubuh keduanya kurus. Lantai dan dinding tempat mereka dikurung tampak berwarna kecoklatan.
.
Di rumah sederhana itu, keduanya tinggal bersama ibunya yang sudah renta, Boru Hutagaol (84), dan abang mereka, Hasudungan Tampubolon. Abang adik I I merupakan anak nomor ke-8 dan 7 dari keluarga Tampubolon. Ibunya yang sudah pikun tak banyak bicara, saat tim datang hendak memboyong kedua anaknya ke RSJ.
.
Hasudungan saat diwawancarai menyebut, bibit depresi yang dialami kedua adiknya terjadi sejak lama. Yang pertama kali menunjukkan gelagat depresi adalah adiknya yang paling bungsu, Coky Tampubolon.
.
“Si Coky ini sebenarnya agak bandal. Sejak kecil dulu bandalnya sudah nampak. Dia tidak tamat sekolah, cuma sampai kelas 5 SD saja. Dia itu tidak mau diajari. Tapi mengajari yang pintaran. Dia itu pintar waktu kecil,” ungkap Hasudungan kepada Sumut Pos, Kamis (3/5).
.
Setelah beranjak dewasa, persisnya di usia 20 tahunan, Coky mulai menunjukkan gejala gangguan jiwa. Banyak tetangga yang komplain dengan sikapnya. “Memang sudah nampak gejalanya sejak lama. Tapi mulai-mulai diobati sama mamak kami sejak tahun 2014 dibantu abangnya Iwan,” ceritanya.
.
Sumber : http://sumutpos.co/2018/05/04/abang-adik-ini-tidur-di-lantai-dingin-selama-4-tahun/3/
#Medan #Berita #RSJ #ODGJ #medanTalk

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply