Mahasiswa S2 dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Arnav Kapur, membuat sebuah purwarupa dari alat, yang disebut AlterEgo. Alat tersebut dapat membuat seseorang berinteraksi dengan komputer tanpa harus menyentuh atau mengeluarkan suara, namun menggunakan ”suara hati”. . Saat ini, untuk menjalankan komputer tentu harus menyentuh langsung alat tersebut supaya bisa mengoperasikannya. Ada pula alternatif lain yang belakangan ini muncul yakni menggunakan suara seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant. . Namun purwarupa buatan Kapur sedikit berbeda dengan Siri dan sejenisnya. Apabila menggunakan Siri kita harus berbicara langsung, namun menggunakan AlterEgo kita cukup mengatakannya di dalam kepala seperti saat berkata di dalam hati. . “Anda benar-benar diam, tapi berbicara dengan diri sendiri. Bukan berpikir atau berucap, tapi spot khusus di antara keduanya. AlterEgo dapat mendeteksi itu,” kata Kapur dilansir laman Popular Science, Sabtu (7/4). . Bentuk purwarupa yang dibuat terlihat seperti headset seorang telemarketing. Namun bedanya, tidak ada microphone yang mengarah ke mulut tetapi alat tersebut menempel ke leher dan samping wajah. . AlterEgo bekerja dengan mendeteksi gerakan otot bagian dalam yang terjadi ketika seseorang berbicara dalam hati. Alat ini dihubungkan dengan bluetooth dan kemudian mengkomunikasikan apa yang ingin dilakukan ke dalam komputer yang terhubung tersebut. . “Tujuan dibuatnya alat ini adalah untuk lebih jauh mengkombinasikan manusia dengan komputer,” kata Kapur menjelaskan. . Sumber : http://m.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/18/04/07/p6tbh9423-mahasiswa-mit-temukan-alat-pembaca-suara-hati

Mahasiswa S2 dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Arnav Kapur, membuat sebuah purwarupa dari alat, yang disebut AlterEgo. Alat tersebut dapat membuat seseorang berinteraksi dengan komputer tanpa harus menyentuh atau mengeluarkan suara, namun menggunakan ”suara hati”.
.
Saat ini, untuk menjalankan komputer tentu harus menyentuh langsung alat tersebut supaya bisa mengoperasikannya. Ada pula alternatif lain yang belakangan ini muncul yakni menggunakan suara seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant.
.
Namun purwarupa buatan Kapur sedikit berbeda dengan Siri dan sejenisnya. Apabila menggunakan Siri kita harus berbicara langsung, namun menggunakan AlterEgo kita cukup mengatakannya di dalam kepala seperti saat berkata di dalam hati.
.
“Anda benar-benar diam, tapi berbicara dengan diri sendiri. Bukan berpikir atau berucap, tapi spot khusus di antara keduanya. AlterEgo dapat mendeteksi itu,” kata Kapur dilansir laman Popular Science, Sabtu (7/4).
.
Bentuk purwarupa yang dibuat terlihat seperti headset seorang telemarketing. Namun bedanya, tidak ada microphone yang mengarah ke mulut tetapi alat tersebut menempel ke leher dan samping wajah.
.
AlterEgo bekerja dengan mendeteksi gerakan otot bagian dalam yang terjadi ketika seseorang berbicara dalam hati. Alat ini dihubungkan dengan bluetooth dan kemudian mengkomunikasikan apa yang ingin dilakukan ke dalam komputer yang terhubung tersebut.
.
“Tujuan dibuatnya alat ini adalah untuk lebih jauh mengkombinasikan manusia dengan komputer,” kata Kapur menjelaskan.
.
Sumber : http://m.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/18/04/07/p6tbh9423-mahasiswa-mit-temukan-alat-pembaca-suara-hati
.
#Medan #Berita #mit #MedanTalk

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply