Modus Penipuan Lowongan Kerja Minta Mengirim Uang Transport

Perhatian: Selalu Waspada dengan modus penipuan lowongan kerja yang ngaku atau mengatasnamakan perusahaan besar tau bernama.

 

Modus tersebut sudah banyak terjadi. Pelaku menggunakan nama perusahaan besar biar tidak dicuriga korban. Pelaku beraksi dengan mengirimkan email/surat kepada pencari kerja bahwa mereka terpilih untuk mengikuti wawancara/interview di kota lainnya.

 

Dengan alasan begitu, pelaku minta korban transfer uang transport (tiket pesawat) kepada agen travel yang bekerja sama. Uang transport tersebut dijanjikan pelaku untuk dikembalikan kepada korban (reimburse) setelah korban tiba ke lokasi wawancara. Dengan alasan begitu, korban kemungkinan tidak mencurigakan.

Tentu saja semua ini adalah modus penipuan uang. Korban yang meninginkan kerja tersebut akan tertipu dan transfer uang tersebut. Setelah transfer tentunya tidak akan dapat kabar apapun dari pelaku.

 

 

Berikut laporan yang kami terima dari salah satu korban yang telah transfer lebih dari Rp3.940.000 kepada pelaku. Selain uang tiket pesawat, pelaku juga minta korban transfer uang makan dan hotel.

“Aku kena tipu dengan modus rekruitmen tenaga kerja.. Disuruh transfer uang untuk biaya tiket Medan – Surabaya dengan alasan sampai di tempat diganti….” ujar Putry selaku korban

SURAT REKRUITMENT DARI PT

Terlampir contoh surat dari penipu yang menggunakan nama perusahaan PT (diblur – karena PT juga menjadi korban dari penipuan)

Surat terlihat asli dengan data kandidate interview lainnya. Didalam surat juga menyebutkan nama perusahaan PT berulang kali

 

Laporan Polisi CyberCrime oleh Korban

Setelah sadar tertipu, korban juga melaporkan kasus ini ke cybercrime (laporan terlampir dibawah) menunggu tindakan biar tidak ada korban lainnya. Berikut suratnya yang menjelaskan modus penipuan yang dialami korban.

 

Pengumuman dari PT yang menjadi Korban

Berikut adalah pengumuman dari perusahaan yang menjagi korban, namanya digunakan oleh penipu untuk kepentingan mereka.

Dengan jelas perusahaan menjelaskan bahwa PT tersebut tidak pernah memmungut biaya apapun dalam proses rekruitment

 

JANGAN MENGELUARKAN UANG UNTUK SEGALA JENIS REKRUITMENT

Maka, selalu Waspada, jangan pernah mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kerja.

Baca juga 6 modus penipuan lowongan kerja

Baca lengkap di http://karirgram.com/6-jenis-modus-penipuan-lowongan-kerja/

Baca Cara Lapor Penipuan Online ke Kominfo http://www.medantalk.com/cara-lapor-konten-negatif-di-sosial-media/

Tag dan share dengan kawan dan keluarga anda biar mereka tambah pengetahuan dan tidak tertipu.

Untuk informasi Motivasi harian dan Lowongan Kerja, baca di KarirGram.com atau Instagram @KarirGram

Leave a Reply