Parade Kreasi, Bangkitkan Semangat Nasionalisme Generasi Muda

Parade Kreasi, Bangkitkan Semangat Nasionalisme Generasi Muda

MEDAN – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-105, Yayasan Sumatera Berdoa dan Mercusuar Terang Bangsa Jakarta menggelar acara seminar dan parade kreatif generasi muda Indonesia.

Mulai 1 hingga 7 Mei lalu telah digelar seminar dengan topik narkoba dan seks bebas di kalangan generasi muda. Pada acara puncak di lapangan Taman Ahmad Yani Jalan Slamet Riyadi Medan digelar parade kreasi anak bangsa dengan tema “Bangkitlah Kotaku, Jayalah Bangsaku” diikuti 15 tim dari bebeberapa sekolah yang ada di Medan.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Binsar Simatupang pada acara Parade Kreasi di Taman Ahmad Yani, belum lama ini. Lebih lanjut Binsar Simatupang menegaskan, antusiasme generasi muda untuk mengikuti parade kreasi sangat besar. Dari data yang ada sebenarnya ada sekitar 22 lebih tim yang mendaftar, dan pada saat acara puncak ada 15 tim yang mendaftar ulang mengikuti parade.

Sebelum acara parade, Walikota Medan Rahudman Harahap (kini non aktif) diwakili oleh Kesbanglinmaspol Ceko Ritonga menyampaikan apresiasinya terhadap program yang dilaksanakan Yayasan Sumatera Berdoa dan Mercusuar Terang Bangsa dalam membangkitkan semangat nasionalisme generasi muda.

“Semoga momentum kebangkitan nasional di tahun ini dapat menjadi pemicu semangat kita untuk berubah menjadi lebih baik. Karenanya, melalui kegiatan kita hari ini, saya mengajak semuanya untuk terus berkarya bersemangatkan hari kebangkitan nasional agar negara kita lebih maju dan lebih bermartabat. Secara khusus saya mengucapkan selamat berparade dan jadikanlah parade kreasi hari ini menjadi momentum membangkitkan semangat nasionalisme generasi muda,” katanya.

Sebagai pertanda dimulainya acara parade, panitia melakukan pelepasan burung merpati oleh Ketua Panitia Binsar Simatupang, tokoh masyarakat IS Sihotang, tokoh agama Pdt. Samuel Gozaly dan Pdt. Lucas Timotheus, Mercusuar Terang Bangsa, mewakili Walikota Medan, Dandim dan wakil dari peserta parade. Masing-masing melepas satu ekor merpati putih setelah pembacaan doa.

Mercusuar Terang Bangsa yang memberikan mandat kepada Sumatera Berdoa untuk menyelenggarakan acara memperingati Hari Kebangkitan Nasional memberikan penghargaan kepada JA Ferdinandus, Walikota Medan, ketua panitia serta unsur panitia lainnya yang telah berpartisipasi terselenggaranya acara tersebut.

Wakil dari Mercusuar Terang Bangsa Djoko menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan seminar dan parade kreasi diharapkan semangat nasionalisme generasi muda bisa bangkit dan lebih memahami arti penting dari keberagaman dan kesatuan tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan.

Setelah parade dilepas, rute yang dilalui adalah start dari Taman Ahmad Yani-Jalan Sudirman-Jalan Diponegoro dan melakukan atraksi sejenak di depan Kantor Gubernur, kemudian dilanjutkan melewati Jalan Tengku Daud-Jalan Imam Bonjol dan finis di Taman Ahmad Yani. Tim dewan juri terdiri dari Binsar Nainggolan, Djoko dan Miss Jazz dari Afrika Selatan.  Di hadapan dewan juri, masing-masing-masing tim menampilkan yel-yel dan kekompakan tim.

Sebelum pengumuman pemenang parade kreasi, Wakil Ketua PMI Sumut dr. Horas Rajagukguk, SpB FINACS melakukan sosialisasi tentang arti penting dari melakukan donor darah. Selain berguna untuk kesehatan, darah yang didonorkan juga sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

”Kebutuhan darah di Kota Medan dan Sumatera Utara seringkali kurang dan harus didatangkan dari luar kota. Itu sebabnya, PMI Sumut selalu melakukan sosialisasi tentang arti penting dari melakukan donor darah,” paparnya.

Pengumuman pemenang pun dibacakan oleh salah seorang dewan juri, Juara I DPA GBI Sumut, Juara II SMA Plus Methodist I Medan, Juara III AMIK MBP, Harapan I SMA Nasrani dan Harapan II SMA Kalam Kudus. Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Ketua Panitia Binsar Simatupang, Ketua Yayasan Sumatera Berdoa JA Ferdinandus, wakil dari Mercusuar Terang Bangsa dan didampingi 3 dewan juri. (James Pardede)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: