Patung Wajah Firaun Terbaik Ditemukan

Patung Wajah Firaun Terbaik Ditemukan

Satu patung kepala firaun paling terkenal yang terbuat dari granit merah ditemukan dalam penggalian arkeologi di Mesir. Digali dari reruntuhan kuil firaun di wilayah selatan kota Luxor, ini menjadi temuan artefak rupa Amenhotep III terbaik dari masa 3.400 tahun lalu.


Dewan Purbakala Mesir pada Minggu (28/2), menjelaskan bahwa temuan patung kepala Firaun Amenhotep III yang seberat manusia dewasa itu menjadi patung dengan rupa terbaik yang pernah ditemukan. Pada artefak sejenis, biasanya terdapat kerusakan pada wajah namun kali ini pakepala patung itu sangat utuh sehingga menampakkan citra jelas wajah sang firaun.

Dr. Hourig Sourouzian, yang mengepalai ekspedisi arkeologi gabungan Mesir – eropa telah melakukan pekerjaan mereka di situs tersebut sejak 1999. Sebelumnya bagian patung lainnya sudah ditemukan secara terpisah, dan akan segera disatukan dengan patung kepala tersebut.

Amenhotep III merupakan kakek dari Firaun Tutankhamun, yang memerintah Mesir pada masa 1387-1348 SM pada jaman Kerajaan Baru Mesir yang kuasanya mencapainya wilayah Nubia di selatan dan Syria di utara.

Menurut Sourouzian, firaun ini angat dikenal akan kepemimpinannya membawa Mesir Kuno ke puncak peradabannya, kala kedamaian dan kemewahan menyebar di seantero Mesir. Teknik kerajinan dan artistik telah mencapai kemajuan pesat pada periode ini, sehingga patung rupa Amenhotep III ini diperkirakan merupakan gambaran nyata dari wajahnya yang terlihat begitu tampan.

Kuil persemayaman Amenhotep III, lokasi ditemukannya patung tersebut, sudah dalam keadaan rusak berat kemungkinan akibat hantaman banjir.*(foto: eyelid.co.uk)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: