Pembangunan Bandara Kualanamu Capai 83 Persen

Pembangunan Bandara Kualanamu Capai 83 Persen

HINGGA kini, penyelesaian pembangunan Bandara Kuala Namu, Deli Serdang sudah mencapai 83 persen. Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Bandara Kualanamu, Sigit Widodo mengatakan pembangunan landasan pacu (runway) ditargetkan selesai akhir 2012, sesuai kontrak kerja dengan pihak kontraktor.

Meski sudah selesai 83 persen, perangkat bandara yang didirikan di lahan seluas 1.365 hektar ini belum bisa dicoba secara keseluruhan karena instalasi seperti telekomunikasi, listrik dan air belum bisa difungsikan. Khusus untuk telekomunikasi dan listrik belum ada kesepakatan antar instansi, tapi untuk masalah airnya tinggal keputusan bersama.

Akhir September lalu, dikutip Sumut Pos, Sigit mengatakan runway Bandara Kuala Namu, Deli Serdang baru selesai 12 persen dari target. Kini pihaknya melakukan pengerasan untuk menstabilkan lapisan tanah.

Sigit optimis penyelesaian runway tuntas pada 2012, sekaligus target penyelesaian Bandara Kualanamu secara keseluruhan, dengan catatan semua instansi mendukungnya.

Sigit mengakui pembangunan runway itu memiliki sejumlah kendala, mulai teknis hingga material. Namun, hal itu sudah diselesaikan secepatnya dan pihak kontraktor terus bekerja. Agar diperoleh konstruksi tanah yang lebih stabil, kontraktor sengaja menganjlokkan tanah agar kondstruksinya lebih padat dan ke depannya tidak anjlok lagi.

Proses penstabilan tanah untuk runway itu dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menimpanya dengan berbagai beban yang sama bobotnya dengan pesawat A380, supaya ketika ditimpa beban yang sama tidak anjlok. Upaya ini dibantu pemasangan pipa untuk mengeluarkan air dari lokasi pembangunan runway sepanjang 3.750 meter dan lebar 60 meter.

Akhir September lalu, seperti dikutip Sumut Pos, di lokasi pembangunan bandara, tiga alat berat sedang bekerja dan sejumlah truk pengangkut pasir timbun mondar-mandir di lokasi runway.

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: