Pemerintah setuju kembangkan Danau Toba Dalam rapat kebinet terbatas yang dipimpin oleh Jokowi siang ini, ada beberapa langkah disiapkan secara khusus, untuk pengembangan Danau Toba ialah: 1. Pembersihan lokasi secara menyeluruh. “Sekarang kotor sekali. Ada banyak peternak ikan dari yang kecil sampai yang besar yang setiap bulan memasukan pakan ternak 256 ton. 20% tidak dimakan ikannya, dan itu menjadi racun dan membuat bau airnya, kalau berenang bisa gatal-gatal,” ungkap Menko Maritim Rizal Ramli di Kantor Presiden. 2. Dengan optimalisasi hasil produksi dari kawasan setempat. Misalnya untuk buah-buahan, sayur-sayuran serta berbagai ragam makanan andalan danau Toba. Ada tujuh kabupaten berada di sekitar danau Toba dan seluruhnya sepakat dalam pengembangan tersebut. 3. Infrastruktur menjadi hal penting dalam pengembangan kawasan, sehingga jalan, bandar udara (bandara) serta pelabuhan bisa tersedia. Di antaranya adalah jalan lingkar di Pulau Samosir dan jalan tembus menuju Badanara Kualanamu. Akan dibangun jalan besar ke Kualanamu, sekarang kena macet 4-5 jam, nanti 1,5 jam. Menhub juga akan menyiapkan satu feri  selesai tahun ini supaya tersambung dari darat ke Samosir itu menggunakan kapal feri sebesar 300 GT. Perairan di antara Tano Ponggol dan Pulau Samosir akan diperdalam, agar bisa memudahkan kapal untuk masuk ke danau toba. 4. Penguatan sisi sejarah dari danau Toba. Rizal menjelaskan bahwa terbentuknya danau tersebut dari 30.000 sebelum masehi. Saat ada ledakan besar dan membuat dunia gelap gulita tebaran abu. Ini merupakan sejarah dunia yang bisa menjadi daya tarik untuk datang ke danau tersebut. Semoga danau toba dapat menjadi salah satu keajaiban dunia

Medan Talk: Pemerintah setuju kembangkan Danau Toba

Dalam rapat kebinet terbatas yang dipimpin oleh Jokowi siang ini, ada beberapa langkah disiapkan secara khusus, untuk pengembangan Danau Toba ialah:

1. Pembersihan lokasi secara menyeluruh. “Sekarang kotor sekali. Ada banyak peternak ikan dari yang kecil sampai yang besar yang setiap bulan memasukan pakan ternak 256 ton. 20% tidak dimakan ikannya, dan itu menjadi racun dan membuat bau airnya, kalau berenang bisa gatal-gatal,” ungkap Menko Maritim Rizal Ramli di Kantor Presiden.

2. Dengan optimalisasi hasil produksi dari kawasan setempat. Misalnya untuk buah-buahan, sayur-sayuran serta berbagai ragam makanan andalan danau Toba. Ada tujuh kabupaten berada di sekitar danau Toba dan seluruhnya sepakat dalam pengembangan tersebut.

3. Infrastruktur menjadi hal penting dalam pengembangan kawasan, sehingga jalan, bandar udara (bandara) serta pelabuhan bisa tersedia. Di antaranya adalah jalan lingkar di Pulau Samosir dan jalan tembus menuju Badanara Kualanamu. Akan dibangun jalan besar ke Kualanamu, sekarang kena macet 4-5 jam, nanti 1,5 jam. Menhub juga akan menyiapkan satu feri  selesai tahun ini supaya tersambung dari darat ke Samosir itu menggunakan kapal feri sebesar 300 GT. Perairan di antara Tano Ponggol dan Pulau Samosir akan diperdalam, agar bisa memudahkan kapal untuk masuk ke danau toba.

4. Penguatan sisi sejarah dari danau Toba. Rizal menjelaskan bahwa terbentuknya danau tersebut dari 30.000 sebelum masehi. Saat ada ledakan besar dan membuat dunia gelap gulita tebaran abu. Ini merupakan sejarah dunia yang bisa menjadi daya tarik untuk datang ke danau tersebut.

Semoga danau toba dapat menjadi salah satu keajaiban dunia

View in Instagram ⇒

Follow social Media kami Instagram @MedanTalk ; Twitter @Medan

Leave a Reply