Pemko Medan tengah mempersiapkan angkutan massal Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT). . “Pilihan ini didasarkan dengan kondisi jalan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Di samping itu biaya lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan Mass Rapid Transit (MRT),” katanya, Kamis (29/3/2018). . Dua angkutan massal ini akan melayani Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo). “Untuk saat ini Pemko Medan fokus mempersiapkan LRT dan BRT,” terangnya didampingi Kepala Bappeda, Wirya Alrahman. . Akhyar mengatakan, dipilihnya transportasi sistem LRT dan BRT berdasarkan hasil studi dan demand survey yang telah dilakukan. Dari hasil studi dan survey yang dilakukan, lanjutnya, respon masyarakat cukup baik. “Masyarakat mau beralih dari angkutan konvensional selama ini dengan LRT dan BRT,” tambahnya. , Kepala Bappeda Kota Medan Wirya Al Rahman menambahkan, proyek LRT dan BRT di Kota Medan dibangun dengan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). “Pembiayaanya sebagian besar menggunakan dana dari pemerintah dan kita berupaya seminim mungkin mengeluarkan anggaran,” jelasnya. . Proyek pembangunan LRT dan BRT di Kota Medan, jelas Wirya, merupakan proyek KPBU pertama di Indonesia. Sedangkan di Kota Palembang dan DKI Jakarta, kata Wirya, pembiayaannya menggunakan dana dari APBN. “Selain proyek LRT dan BRT, pengembangan RSUD Dr Pirngadi juga kita lakukan dengan sistem KPBU,” terangnya. . Ketika disinggung mengenai besarnya tarif yang akan diberlakukan ketika LRT dan BRT dioperasikan, Wirya mengatakan Rp 10 ribu dari satu titik ke titik paling jauh. Dia menilai, tarif itu cukup ekonomis, sebab masyarakat tidak perlu berganti-ganti kenderaan seperti yang selama ini dilakukan ketika menaiki angkutan kota. . Sebagai tahap awal, rute LRT adalah dari Kelurahan Laucih di Medan Tuntungan dan Aksara, di Medan Tembung (PP). Untuk rute BRT dari Terminal Pinang Baris ke Terminal Amplas (PP). . Sumber : http://m.medansatu.com/berita/40863/warga-medan-yuk-siap-siap-naik-lrt-brt-ini-rute-dan-tarifnya/ [bersambung dikomentar]

Pemko Medan tengah mempersiapkan angkutan massal Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).
.
“Pilihan ini didasarkan dengan kondisi jalan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Di samping itu biaya lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan Mass Rapid Transit (MRT),” katanya, Kamis (29/3/2018).
.
Dua angkutan massal ini akan melayani Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo). “Untuk saat ini Pemko Medan fokus mempersiapkan LRT dan BRT,” terangnya didampingi Kepala Bappeda, Wirya Alrahman.
.
Akhyar mengatakan, dipilihnya transportasi sistem LRT dan BRT berdasarkan hasil studi dan demand survey yang telah dilakukan. Dari hasil studi dan survey yang dilakukan, lanjutnya, respon masyarakat cukup baik. “Masyarakat mau beralih dari angkutan konvensional selama ini dengan LRT dan BRT,” tambahnya.
,
Kepala Bappeda Kota Medan Wirya Al Rahman menambahkan, proyek LRT dan BRT di Kota Medan dibangun dengan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). “Pembiayaanya sebagian besar menggunakan dana dari pemerintah dan kita berupaya seminim mungkin mengeluarkan anggaran,” jelasnya.
.
Proyek pembangunan LRT dan BRT di Kota Medan, jelas Wirya, merupakan proyek KPBU pertama di Indonesia. Sedangkan di Kota Palembang dan DKI Jakarta, kata Wirya, pembiayaannya menggunakan dana dari APBN. “Selain proyek LRT dan BRT, pengembangan RSUD Dr Pirngadi juga kita lakukan dengan sistem KPBU,” terangnya.
.
Ketika disinggung mengenai besarnya tarif yang akan diberlakukan ketika LRT dan BRT dioperasikan, Wirya mengatakan Rp 10 ribu dari satu titik ke titik paling jauh. Dia menilai, tarif itu cukup ekonomis, sebab masyarakat tidak perlu berganti-ganti kenderaan seperti yang selama ini dilakukan ketika menaiki angkutan kota.
.
Sebagai tahap awal, rute LRT adalah dari Kelurahan Laucih di Medan Tuntungan dan Aksara, di Medan Tembung (PP). Untuk rute BRT dari Terminal Pinang Baris ke Terminal Amplas (PP).
.
Sumber : http://m.medansatu.com/berita/40863/warga-medan-yuk-siap-siap-naik-lrt-brt-ini-rute-dan-tarifnya/
.
#Medan #Berita #Lrt #transportasiumum #MedanTalk
[bersambung dikomentar]

Berita Cerita Kota Medan

Photo taken at: Medan, Indonesia

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply