Pengacara Ngamuk Di PN Medan

Pengacara Ngamuk Di PN Medan

MEDAN- Sejumlah pengacara tergabung dalam Kongres Advokat Indonesia (KAI) mengamuk di ruang cakra IV PN Medan, Senin (21/11/2011). Mereka emosi karena majelis hakim menolak rekan mereka Hasbi Sitorus mendampingi kliennya di persidangan dengan alasan karena belum memiliki sumpah dari Pengadilan Tinggi Sumatra Utara, walaupun sudah memiliki identitas kartu pengacara.

Spontanitas bersama advokat yang bernaung dalam organisasi KAI ini langsung mendatangi meja majelis hakim sembari mengajukan nota protes kepada majelis hakim yang menghalangi hak seorang pengacara.

Merasa tak puas sejumlah pengacara inipun ingin bertemu dengan Ketua Pengadilan Negeri Medan, Erwin Mangatas Malau untuk membahas masalah kenapa ada pelarangan oleh majelis hakim.

Akan tetapi upaya untuk bertemu kembali kandas karena Ketua PN Medan yang ditemui tidak berada ditempat, meskipun para advokat diterima oleh Humas PN Medan Jonny Sitohang.

Walaupun sudah bertemu, dengan Humas PN Medan juga tidak menemui titik terang, karena mendapat jawaban masalah diperbolehkan atau tidaknya Hasbi ikut bersidang tergantung dari majelis hakim dan Pengadilan Tinggi Sumatra Utara.

Sebab, menurut Jonny pihak pengadilan tidak memandang apakah seorang pengacara itu berasal dari KAI maupun Peradi. “Akan tetapi apakah yang bersangkutan sudah disumpah oleh PT Sumut. Kalau sudah ya silahkan saja,” tukas Jonny. (Laporan: Aza)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: