Raksasa Baru dari Pegunungan Filipina!

Raksasa Baru dari Pegunungan Filipina!

Para peneliti menetapkan satu jenis raksasa perayap Bumi yang masih hidup di pedalaman hutan pegunungan Filipina sebagai satu spesies yang baru
(diketahui), sesuai hasil studi yang dirilis Rabu (7/4) kemarin.

Makhluk itu sebenarnya sudah ditemukan 6 tahun lalu. Ia dalah jenis kadal monitor raksasa berbintik emas. Tubuhnya sepanjang 2 meter dan pertama kali dilaporkan terlihat pada tahun 2004 di Pegunungan Sierra Madre wilayah pulau utama Luzon.

Penampakan itu terpantau peneliti lokal yang melihat suku Agta (suku setempat) memikul satu sosok reptil yang telah mati.

Namun dibutuhkan waktu sampai akhir tahun lalu untuk memastikan bahwa reptil itu belum teridentifikasi secara ilmiah dan akhirnya ditetapkan sebagai spesies baru. Setelah menangkap satu reptil dewasa jenis itu, peneliti dari
University of Kansas dan Museum Nasional Filipina mendapatkan sampel DNA yang sangat membantu memastikan kadal itu tergolong baru untuk ilmu
pengetahuan tentang hewan.

Makhluk yang kemudian diberi nama Kadal Monitor HUtan Utara Sierra Madre atau Varanus bitatawa itu lebih suka menyantap buah dan siput ketimbang bangkai. Ini berbeda dengan kebiasaan jenis kadal monitor lain, termasuk kerabatnya Komodo dari Indonesia, yang sangat “tergila-gila pada daging dan bangkai. Perihal ini ditulis oleh  peneliti Amerika dan Filipina dalam jurnal Royal Society – Biology Letters.
Sang kadal raksasa menghabiskan banyak waktu di puncak pepohonan dan memiliki kuku yang unik yang memungkinkannya untuk meraih buah-buaha favoritnya.

Kadal baru ini berhubungan dengan dua monitor pemakan buah di Filipina, yang mengalami penurunan jumlah secara signifikan akibat kerusakan habitat, perburuan liar dan penyelundupan untuk perdagangan hewan peliharaan.* (AP/YN)

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: