Sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di Bumi, banyak ilmuwan setuju untuk meminimalisir penggunaan rumah kaca demi mencegah konsekuensi perubahan iklim. . Meski adanya pengurangan, cara ini dinilai kurang efektif dalam jangka waktu yang singkat. Untuk itu, ilmuwan memiliki ide baru dalam mendinginkan Bumi. Solusinya disebut Geoengineering. . Ide tersebut dikenal sebagai injeksi stratosfer aerosol. Ide dasarnya melibatkan penyemprotan sekumpulan aerosol ke dalam stratosfer, sehingga partikel reflektif menghalangi dan memantulkan sinar matahari, yang pada akhirnya mendinginkan planet Bumi. . Ini sudah terjadi secara alami melalui letusan gunung berapi. Namun beberapa ilmuwan meyakini, pelepasan aerosol yang terkendali dan terarah bisa menjadi cara yang lebih efisien. . “Misalnya, hanya satu kilogram sumur sulfur yang ditempatkan di stratosfer akan mengimbangi efek pemanasan beberapa ratus ribu kilogram karbon dioksida,” kata salah satu peneliti, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (25/1). . “Dibandingkan dengan cara mengatasi perubahan iklim yang moderat, penerapan Geoengineering lebih cepat mengurangi pemanasan suhu,” lanjutnya. . Sumber : http://m.analisadaily.com/read/ide-baru-untuk-mendinginkan-bumi/493130/2018/01/25

Sebagai upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di Bumi, banyak ilmuwan setuju untuk meminimalisir penggunaan rumah kaca demi mencegah konsekuensi perubahan iklim.
.
Meski adanya pengurangan, cara ini dinilai kurang efektif dalam jangka waktu yang singkat. Untuk itu, ilmuwan memiliki ide baru dalam mendinginkan Bumi. Solusinya disebut Geoengineering. .
Ide tersebut dikenal sebagai injeksi stratosfer aerosol. Ide dasarnya melibatkan penyemprotan sekumpulan aerosol ke dalam stratosfer, sehingga partikel reflektif menghalangi dan memantulkan sinar matahari, yang pada akhirnya mendinginkan planet Bumi.
.
Ini sudah terjadi secara alami melalui letusan gunung berapi. Namun beberapa ilmuwan meyakini, pelepasan aerosol yang terkendali dan terarah bisa menjadi cara yang lebih efisien.
.
“Misalnya, hanya satu kilogram sumur sulfur yang ditempatkan di stratosfer akan mengimbangi efek pemanasan beberapa ratus ribu kilogram karbon dioksida,” kata salah satu peneliti, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (25/1).
.
“Dibandingkan dengan cara mengatasi perubahan iklim yang moderat, penerapan Geoengineering lebih cepat mengurangi pemanasan suhu,” lanjutnya.
.
Sumber : http://m.analisadaily.com/read/ide-baru-untuk-mendinginkan-bumi/493130/2018/01/25
.
#Medan #Berita #Iklim #PanasBumi #MedanTalk

Berita Cerita Kota Medan

Video posted

Untuk informasi pasang iklan , cek sponsors dan informasi lowongan kerja cek KarirGram.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply