Tarik ulur proses divestasi Freeport berlangsung puluhan tahun, hingga akhirnya tambang emas terbesar di dunia tersebut kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Pada Kamis 12 Juli 2018 sore, dilakukan penandatanganan pokok-pokok kesepakatan divestasi atau Head of Agreement (HoA) antara PT Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) yang merupakan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor tambang dan Freeport McMoran Inc. Dalam kesepakatan ini Inalum akan menguasai 41,64 persen PT Freeport Indonesia. Langkah ini untuk menggenapi 51 persen kepemilikan saham oleh pihak nasional. “Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding pertambangan kita, Inalum, telah capai kesepakatan awal dengan Freeport pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di BSD, Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018. Namun, sebetulnya seberapa besar tambang emas di Papua bila dibandingkan tambang-tambang emas di negara lain? Berikut negara dengan lima tambang emas yang memiliki kandungan terbesar di dunia seperti dilansir dari Mining Global, Jumat (13/7/2018). 5. Rusia Dulu, Siberia ditakuti warga Kekaisaran Rusia. Sebab, para kriminal akan dikirim ke sana. Ternyata, ada tambang emas besar di Siberia Timur, atau tepatnya di Krasnoyarsk. Berdasarkan perhitungan pada 2012, tambang emas bernama Olimpiada tersebut memiliki cadangan sebesar 47,5 juta ounce, dan sempat memproduksi emas sebesar 943 ribu ounce pada 2016. Penambangan di Olimpiada dioperasikan oleh Polyus yang saat ini dimiliki oleh miliarder Rusia, Said Kerimov. 4. Uzbekistan Selanjutnya, tambang emas terbesar keempat di dunia ada di Uzbekistan dengan perkiraan kandungan emas sebesar 50 juta ounce. Tambang emas bernama Muruntau ini terletak di Padang Pasir Kyzyl, dan dimiliki oleh pemerintahan Uzbekistan. Walaupun sempat menghasilkan hampir 2,2 juta ounce emas pada 2016, namun pemerintah Uzbekistan enggan membeberkan informasi lengkapnya. 3. Papua Nugini Papua Nugini memiliki cadangan emas terbesar ketiga di dunia. Lokasi emas tersebut berada di Provinsi Irlandia Baru, timur laut Port Moresby. Diperkirakan ter

Tarik ulur proses divestasi Freeport berlangsung puluhan tahun, hingga akhirnya tambang emas terbesar di dunia tersebut kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Pada Kamis 12 Juli 2018 sore, dilakukan penandatanganan pokok-pokok kesepakatan divestasi atau Head of Agreement (HoA) antara PT Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) yang merupakan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor tambang dan Freeport McMoran Inc.

Dalam kesepakatan ini Inalum akan menguasai 41,64 persen PT Freeport Indonesia. Langkah ini untuk menggenapi 51 persen kepemilikan saham oleh pihak nasional. “Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding pertambangan kita, Inalum, telah capai kesepakatan awal dengan Freeport pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di BSD, Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018.

Namun, sebetulnya seberapa besar tambang emas di Papua bila dibandingkan tambang-tambang emas di negara lain?

Berikut negara dengan lima tambang emas yang memiliki kandungan terbesar di dunia seperti dilansir dari Mining Global, Jumat (13/7/2018). 5. Rusia

Dulu, Siberia ditakuti warga Kekaisaran Rusia. Sebab, para kriminal akan dikirim ke sana. Ternyata, ada tambang emas besar di Siberia Timur, atau tepatnya di Krasnoyarsk.

Berdasarkan perhitungan pada 2012, tambang emas bernama Olimpiada tersebut memiliki cadangan sebesar 47,5 juta ounce, dan sempat memproduksi emas sebesar 943 ribu ounce pada 2016.

Penambangan di Olimpiada dioperasikan oleh Polyus yang saat ini dimiliki oleh miliarder Rusia, Said Kerimov.

4. Uzbekistan

Selanjutnya, tambang emas terbesar keempat di dunia ada di Uzbekistan dengan perkiraan kandungan emas sebesar 50 juta ounce.

Tambang emas bernama Muruntau ini terletak di Padang Pasir Kyzyl, dan dimiliki oleh pemerintahan Uzbekistan.

Walaupun sempat menghasilkan hampir 2,2 juta ounce emas pada 2016, namun pemerintah Uzbekistan enggan membeberkan informasi lengkapnya.

3. Papua Nugini

Papua Nugini memiliki cadangan emas terbesar ketiga di dunia. Lokasi emas tersebut berada di Provinsi Irlandia Baru, timur laut Port Moresby. Diperkirakan ter

Berita Cerita Kota Medan

[if-insta-embed-video]

[/if-insta-embed-video]

Untuk informasi pasang iklan , cek halaman sponsors Untuk informasi lowongan kerja cek www.KarirGram.com

Untuk informasi kuliner sedunia, cek www.MakanTalk.com

Untuk informasi property Medan, tips dan inspirasi cek www.RumahTalk.com

Untuk informasi otomotif dan video viral otomotif, cek www.OtomTalk.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply