Ular Purba Predator Sauropod

Ular Purba Predator Sauropod

Fenomena luar biasa dari masa 67 juta tahun lalu terlihat dalam satu fosil yang ditemukan di India. Satu fosil ular purba yang melingkari satu telur dinosaurus ini memberi gambaran kebiasaan makan reptilia di masa itu dan petunjuk evolusi yang penting.

Temuan ilmiah yang sudah dipublikasikan di jurnal PLoS Biology seperti yang dikutip dari Yahoo, Selasa (2/3), memberikan bukti pertama bahwa ular sepanjang 3,5 meter telah menyantap telur bahkan yang sedang ditetaskan oleh indukan dinosaurus jenis sauropod. Artinya ular juga memangsa anakan dinosaurus berleher panjang pemakan tumbuhan.

Ini juga menguatkan dugaan bahwa sekitar 100 juta tahun lalu, bangsa ular sudah mengembangkan rahang elastis seperti yang dimiliki ular modern jenis bermulut besar, termasuk jenis ular viper dan boa.

Menurut ahli paleontologi asal University of Michigan, Jeff wilson, ini merupakan bukti pertama dan paling awal yang pernah diketahui mengenai tingkah laku ular sebagai pemangsa telur dan anakan hewan lainnya. Suatu bukti cara ular untuk bertahan hidup. Ini juga menjadi bukti evolusi awal ular secara anatomi maupun ekologi.

Fosil ini sebenarnya sudah ditemukan Dhananjay Mohabey dari badan Survei Geologi India pada 1987, namun baru diteliti Wilson pada 2010 dan menjadi bukti kebiasaan predator untuk mendatangi sarang sauropod.

Mohabey berteori bahwa ular yang diberinama Sanajeh indicus, itu baru saja tiba di sarang sauropod dan bersiap untuk menyantap anakan sauropod yang baru menetas. Namun berdasarkan bukti fosil itu, terjadi suatu peristiwa alam yang luar biasa cepat dan membekukan moment tersebut, kemungkinan akibat badai atau bencana alam lain yang mengubur cepat sang ular dan sarang sauropod dalam lapisan sedimen. *

0
Like
Save

Comments

Silakan Berbagi / Komentar

%d bloggers like this: