Bunga Kimilsungia, Bunga Lambang Kerjasama Diplomatis Antara Indonesia Dengan Korea Utara Bunga ini kerap dikatakan sebagai lambang kerjasama diplomatis antara Indonesia dengan Korea Utara. Bunga Kimilsungia sendiri adalah jenis bunga kultivar anggrek hibrida, Dendrobium. Pemerintah Korea Utara berkata bahwa karakter Kim Il Sung yang tiada tara tercermin seutuhnya di dalam bunga keabadian yang mekar di mana pun di lima benua. Bunga Kimilsungia diberikan oleh Soekarno pada saat Kim Il Sung melakukan kunjungan diplomatik ke Indonesia pada tanggal 13 April 1965. Saat itu, Presiden Soekarno mengajak Presiden Kim Il Sung untuk berkeliling Kebun Raya Bogor. Saat berjalan-jalan, langkah Kim Il Sung berhenti pada sebuah bunga berwarna merah muda. Bunga anggrek tersebut memikat hati Kim Il Sung dan Soekarno mengatakan bahwa bunga tersebut belum memiliki nama dan ia akan menamainya dengan nama Kim Il Sung. Kim Il Sung mencoba menolak, namun Presiden Soekarno mengatakan bahwa suatu kehormatan jika bunga itu bisa dinamai dengan namanya. Soekarno kemudian memberikan bunga tersebut kepada Kim Il Sung dan memberikan nama Kimilsungia, perpaduan nama Kim Il Sung dan Indonesia. Kisah ini diceritakan di dalam buku sejarah Korea Utara pada abad ke- 20. Setelah itu, para botanis gencar membudidayakan Kimilsungia. Hingga pada akhir 1970-an, bunga ini dapat tersebar luas di hampir seluruh Korea Utara. Banyak yang mengatakan bahwa bunga Kimilsungia adalah bunga nasional Korea Utara, namun sebenarnya bunga nasional Korea Utara adalah Magnolia. Bunga Kimilsungia sendiri memang sering dijadikan acara festival tahunan di Pyongyang sebagai bentuk apresiasi sekaligus mengenang mendiang Kim Il Sung. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1999. Biasanya, Kedutaan Besar dari negara-negara sahabat di Korea Utara turut mempertontonkan karangan bunga masing-masing. Festival ini digelar setiap tahun pada bulan April, yaitu bulan di mana Korea Utara menerima bunga Kimilsungia pertama kalinya. Sampai saat ini, pemerintah Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan pada acara festival tersebut.(lis

Bunga Kimilsungia, Bunga Lambang Kerjasama Diplomatis Antara Indonesia Dengan Korea Utara

Bunga ini kerap dikatakan sebagai lambang kerjasama diplomatis antara Indonesia dengan Korea Utara. Bunga Kimilsungia sendiri adalah jenis bunga kultivar anggrek hibrida, Dendrobium. Pemerintah Korea Utara berkata bahwa karakter Kim Il Sung yang tiada tara tercermin seutuhnya di dalam bunga keabadian yang mekar di mana pun di lima benua.

Bunga Kimilsungia diberikan oleh Soekarno pada saat Kim Il Sung melakukan kunjungan diplomatik ke Indonesia pada tanggal 13 April 1965. Saat itu, Presiden Soekarno mengajak Presiden Kim Il Sung untuk berkeliling Kebun Raya Bogor. Saat berjalan-jalan, langkah Kim Il Sung berhenti pada sebuah bunga berwarna merah muda. Bunga anggrek tersebut memikat hati Kim Il Sung dan Soekarno mengatakan bahwa bunga tersebut belum memiliki nama dan ia akan menamainya dengan nama Kim Il Sung.

Kim Il Sung mencoba menolak, namun Presiden Soekarno mengatakan bahwa suatu kehormatan jika bunga itu bisa dinamai dengan namanya. Soekarno kemudian memberikan bunga tersebut kepada Kim Il Sung dan memberikan nama Kimilsungia, perpaduan nama Kim Il Sung dan Indonesia. Kisah ini diceritakan di dalam buku sejarah Korea Utara pada abad ke- 20. Setelah itu, para botanis gencar membudidayakan Kimilsungia. Hingga pada akhir 1970-an, bunga ini dapat tersebar luas di hampir seluruh Korea Utara.

Banyak yang mengatakan bahwa bunga Kimilsungia adalah bunga nasional Korea Utara, namun sebenarnya bunga nasional Korea Utara adalah Magnolia. Bunga Kimilsungia sendiri memang sering dijadikan acara festival tahunan di Pyongyang sebagai bentuk apresiasi sekaligus mengenang mendiang Kim Il Sung. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1999. Biasanya, Kedutaan Besar dari negara-negara sahabat di Korea Utara turut mempertontonkan karangan bunga masing-masing. Festival ini digelar setiap tahun pada bulan April, yaitu bulan di mana Korea Utara menerima bunga Kimilsungia pertama kalinya.

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan pada acara festival tersebut.(lis)

#Medan #MancaNegara #MedanTalk #serburat

MedanTalk: Talk of the Town, Berita Cerita Kota Medan selalu di Medan Talk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Kunjungi web kami www.MedanTalk.com untuk Baca Berita Medan , Lihat Lowongan Kerja Medan , Kuliner , Event Medan dan cara pasang iklan

Nonton video Medan di web kami atau subscribe YouTube Channel MedanTalk https://www.medantalk.com/youtube

Silakan share post ini dan jangan lupa Follow social media kami: Instagram , Facebook , LINE , Twitter @MedanTalk untuk update di sosmed mu

Leave a Reply