email hack

Cara Menghindari Dari Hacker Instagram

Dari pengalaman akun instagram @MedanTalk di hack dan masih dalam proses pengajuan pengembalian akun kami. Pentingnya anda melakukan hal ini untuk menghindari akun anda di hack. Kami sudah melakukan banyak langkah untuk menghindari hackers, namun karena akun sosmed kami dipegang beberapa admin, pastinya peluang untuk hacker masuk lebih besar dengan penjelasan yang tertera dibawah. Setelah kejadian, kami juga baru sadar ada beberapa loophole. Kami tidak akan menjelaskan loopholenya apa demi keamanan kita bersama. Kami hanya akan menyebutkan apa aja yang penting anda perhatikan.

Jangan anggap remeh, akun pribadi yang tidak banyak followers juga bisa menjadi target hackers. Baca kenapa:

Kenapa Dihack:

Berikut adalah beberapa objektif hacker yang menjadi alasan kenapa akun anda bisa menjadi target hackers, karena hacker yang telah mengambil alih akun anda bisa mengantikan username secara mudah, hacker bisa menggunakan akun tersebut atas nama anda ataupun dengan username yang baru.

  1. Sell for a Profit: Akun anda pasti bernilai buat anda, karena sudah meluangkan waktu untuk membangun followers, citra dan konten. Hacker akan mencoba menjual akun kembali ke anda, atau menjual ke orang lain apalagi jika followers anda banuyak.
  2. Spread Information / Hoax: Hacker menggunakan akun yang sudah punya followers untuk menyebarkan informasi kepentingan pribadi atau hoaks agar dapat diteruskan atas nama anda.
  3. Fraud / Scam: Hacker bisa menggunakan akun anda untuk menipu followers anda. Sering terjadi, hacker menyamar sebagai pemilik akun dan meminta bantuan dana/donasi, meminjam uang, menjual sesuatu kepada followers anda. Tanpa sadar, followers anda akan tertipu karena percaya sama anda. Hal begini sering terjadi di whatsapp hack. Namun karena instagram/facebook juga ada DM dan messenger, hacker bisa menggunakan fitur ini untuk menghubungi followers anda. Mereka akan pelajari cara komunikasi anda dengan rekan anda dari chat sebelumnya.
  4. Resentment & Revenge: Kemungkinan masalah pribadi, hacker dendam dengan akun tersebut dan mengambil ahli untuk kepuasan sendiri dengan cara menjual/menutup akun, sabotase, menyebarkan hoaks, merusak reputasi akun tersebut dll.. Netizen itu berupa rupa, sebagai akun media, tidak mungkin bisa memuaskan semua orang. Walaupun kami selalu netral dalam menyajikan berita, pasti adanya pro dan kontra dengan akun kami. Yang pasti, MedanTalk selalu pegang prinsip membantu masyarakat dan selalu netral, tidak ikut politik dll.. Baca prinsip & komitmen MedanTalk

Yang Penting di Perhatikan

  1. Two-step verification: segera aktifkan ini di settings security akun anda. Ini harus di disetup di ponsel pemilik akun. Jika ada terjadi hack, anda akan memerlukan kode ini untuk masuk kembali ke akun anda. Ponsel tersebut harus dijaga dengan baik karena jika ponsel dicuri/hilang/dihack, semua akan sia sia. Hacker bisa gunakan kode tersebut untuk masuk ke akun anda. Awalnya kami pikir, ini sudah aman, namun ternyata tidak 100% aman…
  2. Registered Email: Email terdaftar wajib dirahasiakan: Karena jika akun anda dihack, pihak instagram/FB akan berkomunikasi dengan anda via email terdaftar, maka jika email anda juga dihack, hacker bisa nyamar sebagai pemilik dan menggunakan email anda berkomunikasi dengan pihak sosmed. Sepertinya email intercept oleh hacker dan menyamar sebagai pemilik akun untuk kepentingan penipuan.
  3. Registered Number: Ponsel terdaftar wajib dirahasiakan: Untuk memastikan kepemilikan akun, biasanya via two-step verification atau via ponsel. Yang perlu diperhatikan, satu nomor ponsel hanya bisa digunakan untuk satu akun instagram. Jika Hacker tau akun tersebut menggunakan nomor ponsel apa, dia bisa daftarkan nomor anda ke akun lain dan secara otomatis nomor anda akan dihapus dari akun sebelumnya. Seharusnya pihak sosmed mewajibkan anda untuk hapuskan nomor ponsel dari akun pertama terlebih dahulu, namun dari pengalaman kami, ponsel kami dihapus secara otomatis
  4. Fraud Apps: Hati hati dengan aplikasi yang menghubungkan sosmed anda karena bisa jadi aplikasi phising yang mencuri data login anda. Sudah sering masuk berita, banyak aplikasi phisign yang bisa mencuri data login anda. Maka waspada dengan reputasi aplikasi yang minta menghubungkan dengan akun sosmed anda. Di google dulu apakah aplikasi tersebut aman.
  5. Email Fraud Links: Hati hati dengan email fraud yang sering terjadi, hacker menyamar sebagai perusahaan atau sosmed dan mingirimkan email dengan link untuk meminta anda masukan user login dan password untuk mencuri data anda. Cek apakah email tersebut resmi dengan melihat alamat email, nama domain email tersebut. Cek dengan teliti karena hacker sekarang bisa gunakan nama domain yang mispelled (mirip) agar anda tertipu. Hacker juga bisa gunakan (nama sender) yang terlihat resmi. Maka terliti emailnya dari mana. Ada beberapa kasus, modus, dimana email dikirimkan ke user untuk konfirmasi ulang username, password, jika tidak dilakukan dalam 24jam akan dihapus akun.
  6. Multiple Admin Warning: Buat yang punya admin mengurus sosmed anda, agar ingatkan mereka tetap berwaspada atas faktor-faktor tersebut diatas, terliti, menjaga rahasia login dan tidak meminjam ponsel/email account kepada kawan maupun keluarga.
  7. Change Passwords Regularly: gantikanlah password anda secara regular. Ini yang selalu kami males lakukan dan abaikan dan menjadi security risks buat kita.
  8. Trademark Your Brand: ingat daftarkan merek usaha anda, selain hacker yang mengambil alih akun anda, ada juga yang membuat akun palsu dengan username yang mirip anda untuk menipu followers anda. Mereka bisa menggunakan logo, konten, foto anda dan nyamar sebagai anda untuk DM followers anda dan menipu mereka. Dengan adanya merek terdaftar, anda bisa mencoba hubungi instagram untuk menghapus akun palsu. Tanpa adanya merek terdaftar, merek anda bersiko disalah gunakan. Lihat contoh 30 fake akun medantalk di post ini.

Semoga informasi dan tips tersebut bermanfaat buat anda dan menjaga akun sosmed anda dari hacker. Silakan share untuk yang memerlukan informasi ini.

READ MORE BELOW

Instagram @MedanTalk diHack

Selama ini, melalui sosmed MedanTalk, kami telah membantu followers menemukan ratusan anjing/kucing yang hilang. Orang yang hilang kami share dan ditemukan. Info kejadian pencurian mengakibatkan Preman dan Maling ditangkap. Barang dimaling dikembalikan setelah viral. Orang mendapatkan kerja dari loker post. Sharing kegiatan amal dan donor darah telah membantu masyarakat. Warga juga dapat menghindari kemacetan, kebanjiran dan kecelakaan lainnya degan update info dari medantalk. Jalan atau fasilitas publik lainnya yang rusak diperbaiki dan tempat pejudian ditutup setelah viral. Kami juga membantu meluruskan ribuan hoaks dan modus penipuan agar Masyarakat tidak tertipu dan masih banyak lagi… Kami memang bukan superhero, hanya media yang dapat berkontribusi dengan cara sendiri untuk kebaikan Masyarakat. Akibatnya, kami juga menjadi sasaran hacker oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika anda punya koneksi ke Facebook Indonesia, mohon contact kami di whatsapp atau email agar kami bisa minta bantuan.

Silakan baca cara dan bagaimana akun @MedanTalk dihack