Kalau timbunan sampah menjadi masalah di negara-negara berkembang, Swedia justru menganggap limbah sebagai berkah. Di saat negara lain -termasuk Indonesia- pusing mengatasi masalah sampah yang menggunung, Swedia justru menginginkan sampah. Sejak beberapa tahun terakhir negara itu telah mengimpor 700 ribu ton sampah dari negara lain termasuk negara-negara Eropa seperti Inggris. Swedia punya sistem pengolahan sampah yang canggih. Dilansir The Huffington Post, Swedia menerapkan manajamen sampah dengan konsep waste-to-energy (WTE). Di sini limbah rumah tangga diolah lewat proses pembakaran. Uap panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran ini lalu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Kemudian listrik didistribusikan ke rumah-rumah di seluruh negeri. Pembangkit listrik berbahan bakar sampah ini telah memasok kebutuhan panas bagi 950.000 rumah tangga dan memenuhi kebutuhan listrik bagi 260.000 rumah tangga di seluruh Swedia

Kalau timbunan sampah menjadi masalah di negara-negara berkembang, Swedia justru menganggap limbah sebagai berkah. Di saat negara lain -termasuk Indonesia- pusing mengatasi masalah sampah yang menggunung, Swedia justru menginginkan sampah.

Sejak beberapa tahun terakhir negara itu telah mengimpor 700 ribu ton sampah dari negara lain termasuk negara-negara Eropa seperti Inggris.

Swedia punya sistem pengolahan sampah yang canggih. Dilansir The Huffington Post, Swedia menerapkan manajamen sampah dengan konsep waste-to-energy (WTE). Di sini limbah rumah tangga diolah lewat proses pembakaran. Uap panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran ini lalu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Kemudian listrik didistribusikan ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Pembangkit listrik berbahan bakar sampah ini telah memasok kebutuhan panas bagi 950.000 rumah tangga dan memenuhi kebutuhan listrik bagi 260.000 rumah tangga di seluruh Swedia.

#Medan #Berita #Sampah #Swedia #MedanTalk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

MedanTalk

Browse info, berita, cerita Medan, Lowongan Kerja dan cara pasang iklan di web www.MedanTalk.com

Leave a Reply