Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat berencana membangun jalur kereta api baru ke Parapat. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan jalur kereta baru tersebut bisa dimulai pembangunannya pada tahun depan, dan paling cepat bisa selesai tersabung dari Stasiun Medan ke Danau Toba pada tahun 2019. . “Itu paling cepat 2019, kalau dari Siantar ke Toba kan 30 km ya, tahun depan mulai. Sementara dari Medan ke Siantar sudah ada (rel kereta),” kata Budi kepada detikFinanceditemui di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Rabu (5/4/2017). . Untuk mempercepat pembangunan jalur kereta baru dari Siantar ke Danau Toba tersebut, lanjutnya, proyek tersebut akan dimasukkan sebagai proyek strategis nasional pada tahun depan. Studi kelayakannya pun sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. . “Sudah pernah studi klayakan, tapi firm kita yang sudah dibangun pemerintah yakni tetapkan Toba jadi destinasi wisata, kita bangun beberapa jalur baru di Sumatera Utara. Ada yang bangun baru ada yang pakai jalur yang sudah ada,” jelasnya. Dia menuturkan, dengan akses via kereta api ke Danau Toba, pariwisata dan mobilitas masyarakat di Sumatera Utara akan semakin berkembang pesat. Kereta api bisa jadi primadona moda transportasi ke kawasan tersebut. Apalagi, jalur kereta tersebut akan tersambung dengan jaringan kereta api yang lainnya seperti ke Belawan, bahkan akan disambung lagi hingga ke Aceh dalam beberapa tahun mendatang. . “Pakai kereta api ke Toba kan mengasyikkan, ada warna sendiri. Bisa berhenti di beberapa tempat, secara ekonomi juga bagus, selain ke Toba, saat ini buat kereta api dari Medan bagus, apalagi ke Kuala Tanjung orang juga bisa pergi pakai kereta ke Belawan Selama ini, menurut Budi, banyak masyarakat yang lalu lalang dari Belawan untuk kemudian menyeberang ke Batam atau sebaliknya. Akses kereta ke Belawan yang tersambung hingga Toba tentu akan menggairakan pergerakan logistik dan manusia di kawasan itu.(detik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat berencana membangun jalur kereta api baru ke Parapat. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan jalur kereta baru tersebut bisa dimulai pembangunannya pada tahun depan, dan paling cepat bisa selesai tersabung dari Stasiun Medan ke Danau Toba pada tahun 2019.
.
“Itu paling cepat 2019, kalau dari Siantar ke Toba kan 30 km ya, tahun depan mulai. Sementara dari Medan ke Siantar sudah ada (rel kereta),” kata Budi kepada detikFinanceditemui di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Rabu (5/4/2017).
.
Untuk mempercepat pembangunan jalur kereta baru dari Siantar ke Danau Toba tersebut, lanjutnya, proyek tersebut akan dimasukkan sebagai proyek strategis nasional pada tahun depan. Studi kelayakannya pun sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.
.
“Sudah pernah studi klayakan, tapi firm kita yang sudah dibangun pemerintah yakni tetapkan Toba jadi destinasi wisata, kita bangun beberapa jalur baru di Sumatera Utara. Ada yang bangun baru ada yang pakai jalur yang sudah ada,” jelasnya.

Dia menuturkan, dengan akses via kereta api ke Danau Toba, pariwisata dan mobilitas masyarakat di Sumatera Utara akan semakin berkembang pesat. Kereta api bisa jadi primadona moda transportasi ke kawasan tersebut.

Apalagi, jalur kereta tersebut akan tersambung dengan jaringan kereta api yang lainnya seperti ke Belawan, bahkan akan disambung lagi hingga ke Aceh dalam beberapa tahun mendatang.
.
“Pakai kereta api ke Toba kan mengasyikkan, ada warna sendiri. Bisa berhenti di beberapa tempat, secara ekonomi juga bagus, selain ke Toba, saat ini buat kereta api dari Medan bagus, apalagi ke Kuala Tanjung orang juga bisa pergi pakai kereta ke Belawan

Selama ini, menurut Budi, banyak masyarakat yang lalu lalang dari Belawan untuk kemudian menyeberang ke Batam atau sebaliknya. Akses kereta ke Belawan yang tersambung hingga Toba tentu akan menggairakan pergerakan logistik dan manusia di kawasan itu.(detik)

#Medan #Berita #MedanTalk

MedanTalk: Talk of the Town, Berita Cerita Kota Medan selalu di Medan Talk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Kunjungi web kami www.MedanTalk.com untuk Baca Berita Medan , Lihat Lowongan Kerja Medan , Kuliner , Event Medan dan cara pasang iklan

Nonton video Medan di web kami atau subscribe YouTube Channel MedanTalk https://www.medantalk.com/youtube

Silakan share post ini dan jangan lupa Follow social media kami: Instagram , Facebook , LINE , Twitter @MedanTalk untuk update di sosmed mu

Leave a Reply