Mangkok yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh pedagang makanan seperti bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain, ternyata sudah ada sejak zaman dinasti Ming 1368-1644. Terbukti banyaknya ditemukan peninggalan – peninggalan mangkok dari era dinasti Ming yang bergambar ayam jago merah ini. Warna mangkok yag sederhana sangat mudah diingat, latar mangkuk didominasi dengan warna putih dan sedikit gambar bunga dengan daunnya, yang pastinya tidak ketinggalan ayam jago dengan jengger yang berwarna hitam seperti ayam khas asal Tiongkok ini memiliki makna kemakmuran. Fakta lainnya adalah mangkok yang  berdiameter atas 16.5 cm, diameter bawah 9 cm dengan tinggi 6 cm ini diimpor dari Negeri China. Awal mula mangkok legendaris ini masuk Indonesia kemungkinan besar berasal lewat perdagangan, dimana terdapat banyak orang warga negara Tiongkok yang datang ke Asia tenggara, termasuk Indonesia. Tetapi banyak juga para peneliti yang berpendapat bahwa mangkok ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. juga dikatakan bahwa ayam merah tersebut adalah ayam hutan Gallus gallus yang sudah lama diternak dan dibudidaya sejak tahun 8000 SM. Dan pada tahun 5300 – 4300 SM, telah ditemukannya artefak atau fosil ayam Gallus gallus di China. Kemudian menyebar ke Negeri India tepatnya di lembah Indus pada tahun 2500 – 3000 SM. Dan yang paling terbaru adalah telah ditemukan di Yunani pada tahun 409.(ri

Mangkok yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh pedagang makanan seperti bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain, ternyata sudah ada sejak zaman dinasti Ming 1368-1644.

Terbukti banyaknya ditemukan peninggalan – peninggalan mangkok dari era dinasti Ming yang bergambar ayam jago merah ini.

Warna mangkok yag sederhana sangat mudah diingat, latar mangkuk didominasi dengan warna putih dan sedikit gambar bunga dengan daunnya, yang pastinya tidak ketinggalan ayam jago dengan jengger yang berwarna hitam seperti ayam khas asal Tiongkok ini memiliki makna kemakmuran.

Fakta lainnya adalah mangkok yang  berdiameter atas 16.5 cm, diameter bawah 9 cm dengan tinggi 6 cm ini diimpor dari Negeri China.

Awal mula mangkok legendaris ini masuk Indonesia kemungkinan besar berasal lewat perdagangan, dimana terdapat banyak orang warga negara Tiongkok yang datang ke Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Tetapi banyak juga para peneliti yang berpendapat bahwa mangkok ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. juga dikatakan bahwa ayam merah tersebut adalah ayam hutan Gallus gallus yang sudah lama diternak dan dibudidaya sejak tahun 8000 SM.

Dan pada tahun 5300 – 4300 SM, telah ditemukannya artefak atau fosil ayam Gallus gallus di China. Kemudian menyebar ke Negeri India tepatnya di lembah Indus pada tahun 2500 – 3000 SM. Dan yang paling terbaru adalah telah ditemukan di Yunani pada tahun 409.(ri)

#Medan #SejarahBudayaRakyat #Sejarah #Budaya #Rakyat #MedanTalk

MedanTalk: Talk of the Town, Berita Cerita Kota Medan selalu di Medan Talk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Kunjungi web kami www.MedanTalk.com untuk Baca Berita Medan , Lihat Lowongan Kerja Medan , Kuliner , Event Medan dan cara pasang iklan

Nonton video Medan di web kami atau subscribe YouTube Channel MedanTalk https://www.medantalk.com/youtube

Silakan share post ini dan jangan lupa Follow social media kami: Instagram , Facebook , LINE , Twitter @MedanTalk untuk update di sosmed mu

Leave a Reply