Meriam Bambu, yang melagenda dan mulai terlupakan Meriam bambu merupakan salah satu permainan tradisional cukup populer serta dikenal di berbagai daerah, bahkan hampir diseluruh wilayah nusantara pada umumnya walau dengan nama yang berbeda – beda, seperti di Gorontalo bernama Bunggo, di Jawa Tengah bernama Long Bumbung, Sumatera Barat bernama meriam betung, Yogyakarta bernama mercon bumbung. Selain diwilayah Nusantara, meriam bambu bahkan juga dikenal dinegara – negara tetangga seperti Malaysia, Singapore, Brunai, bahkan Philipina juga turut memainkan permainan yang sudah dapat dikatakan langka ini. Meriam bambu yang dibuat dengan bambu berukuran besar yng dilubagi, lalu lubang tersebut disulut dengan api sehingga menghasilkan suara yang menggelegar seperti suara senjata meriam, itulah sebabnya disebut dengan meriam bambu dan terinspirasi dari senjata meriam yang dimiliki oleh Portugis. Permainan meriam bambu yang biasa dimainkan oleh anak laki -laki ini, umumnya biasa terdengar hanya dibulan Ramadhan dan pada peringatan – peringatan hari besar lainnya. Pada bulan Ramadhan meriam bambu ini digunakan untuk membangunkan sahur serta permainan selepas taraweh. Mungkin permainan yang satu ini agak sedikit terlupakan, disebabkan telah tergantikan dengan petasan karena pengoperasiannya terbikang mudah, tetapi masih adasaja masyarakat didaerah tertentu yang masih memainkan permainan yang telah ada sejak abad ke 17 ini. (ISD) Yuk, siapa yang pernah main permainan Lagend ini?

Meriam Bambu, yang melagenda dan mulai terlupakan

Meriam bambu merupakan salah satu permainan tradisional cukup populer serta dikenal di berbagai daerah, bahkan hampir diseluruh wilayah nusantara pada umumnya walau dengan nama yang berbeda – beda, seperti di Gorontalo bernama Bunggo, di Jawa Tengah bernama Long Bumbung, Sumatera Barat bernama meriam betung, Yogyakarta bernama mercon bumbung. Selain diwilayah Nusantara, meriam bambu bahkan juga dikenal dinegara – negara tetangga seperti Malaysia, Singapore, Brunai, bahkan Philipina juga turut memainkan permainan yang sudah dapat dikatakan langka ini.

Meriam bambu yang dibuat dengan bambu berukuran besar yng dilubagi, lalu lubang tersebut disulut dengan api sehingga menghasilkan suara yang menggelegar seperti suara senjata meriam, itulah sebabnya disebut dengan meriam bambu dan terinspirasi dari senjata meriam yang dimiliki oleh Portugis.

Permainan meriam bambu yang biasa dimainkan oleh anak laki -laki ini, umumnya biasa terdengar hanya dibulan Ramadhan dan pada peringatan – peringatan hari besar lainnya. Pada bulan Ramadhan meriam bambu ini digunakan untuk membangunkan sahur serta permainan selepas taraweh.

Mungkin permainan yang satu ini agak sedikit terlupakan, disebabkan telah tergantikan dengan petasan karena pengoperasiannya terbikang mudah, tetapi masih adasaja masyarakat didaerah tertentu yang masih memainkan permainan yang telah ada sejak abad ke 17 ini. (ISD)

Yuk, siapa yang pernah main permainan Lagend ini?
.
#Medan #Berita #MeriamBambu #Puasa #Petasan #MedanTalk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Follow MedanTalk diInstagram @medantalk ⇒

Browse info Lowongan Kerja Medan dan cara sponsor/ pasang iklan di web www.MedanTalk.com

Leave a Reply