Nama William Tanuwijaya mendadak melambung sejak kemarin. Tepat pada hari kemerdekaan RI ke-72, Kamis 17 Agustus 2017, Tokopedia yang didirikan William berhasil meraih investasi USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun dari Alibaba, raksasa e-commerce asal China milik Jack Ma. Tak pelak, nama Tokopedia bersama William menjadi perbincangan di jagat media. Tokopedia pun sekarang sudah menjadi unicorn, startup dengan valuasi USD 1 miliar atau lebih. Kesuksesan Tokopedia ini tak datang tiba-tiba. William mendirikan Tokopedia bersama temannya Leontinus Alpha Edison. William Tanuwijaya lahir di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Dari sekolah sampai menamatkan SMA, William berdiam di kota kelahirannya itu. Setelah tamat SMA, dia melanjutkan kuliah di Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta. William bukan dari keluarga berada. Untuk mencukupi biaya hidup dan biaya kuliah di Jakarta, apalagi kuliah di Binus bukan tergolong murah, William bekerja di warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi. Setelah lulus dari Binus, dia bekerja di kantoran yang bergerak di bidang pengembangan software komputer. Dari sini kemudian timbul idenya untuk mempunyai perusahaan internet sendiri. Tahun 2007 dia mulai membangun Tokopedia. Dia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia, sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh Indonesia dengan biaya gratis. Awalnya sangat tidak mudah karena mereka butuh modal untuk membangun tokopedia tersebut. Apalagi, saat itu ayahnya divonis penyakit kanker kronis. William pun dituntut menjadi tulang punggung keluarga. Keadaan menjadi semakin sulit bagi William. Namun William sangat yakin idenya dengan Tokopedia ini pasti berhasil. Dia kemudian bergerilya kesana-kemari untuk mendapatkan modal. Tak terhitung berapa orang yang sudah didatanginya dan menawarkan konsepnya. Selama dua tahun dia berjuang mencari pemodal. Banyak yang menolaknya karena dianggap idenya terlalu tinggi dan tidak masuk akal

Nama William Tanuwijaya mendadak melambung sejak kemarin. Tepat pada hari kemerdekaan RI ke-72, Kamis 17 Agustus 2017, Tokopedia yang didirikan William berhasil meraih investasi USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun dari Alibaba, raksasa e-commerce asal China milik Jack Ma.

Tak pelak, nama Tokopedia bersama William menjadi perbincangan di jagat media. Tokopedia pun sekarang sudah menjadi unicorn, startup dengan valuasi USD 1 miliar atau lebih.

Kesuksesan Tokopedia ini tak datang tiba-tiba. William mendirikan Tokopedia bersama temannya Leontinus Alpha Edison.

William Tanuwijaya lahir di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981.

Dari sekolah sampai menamatkan SMA, William berdiam di kota kelahirannya itu. Setelah tamat SMA, dia melanjutkan kuliah di Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta.

William bukan dari keluarga berada. Untuk mencukupi biaya hidup dan biaya kuliah di Jakarta, apalagi kuliah di Binus bukan tergolong murah, William bekerja di warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.

Setelah lulus dari Binus, dia bekerja di kantoran yang bergerak di bidang pengembangan software komputer. Dari sini kemudian timbul idenya untuk mempunyai perusahaan internet sendiri.

Tahun 2007 dia mulai membangun Tokopedia. Dia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia, sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Awalnya sangat tidak mudah karena mereka butuh modal untuk membangun tokopedia tersebut. Apalagi, saat itu ayahnya divonis penyakit kanker kronis. William pun dituntut menjadi tulang punggung keluarga. Keadaan menjadi semakin sulit bagi William.

Namun William sangat yakin idenya dengan Tokopedia ini pasti berhasil. Dia kemudian bergerilya kesana-kemari untuk mendapatkan modal. Tak terhitung berapa orang yang sudah didatanginya dan menawarkan konsepnya.

Selama dua tahun dia berjuang mencari pemodal. Banyak yang menolaknya karena dianggap idenya terlalu tinggi dan tidak masuk akal.

#Medan #Berita #Tokopedia #MedanTalk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

MedanTalk

Browse info, berita, cerita Medan, sharing info di Forum Medan , check Lowongan Kerja dan cara pasang iklan di web www.MedanTalk.com

Leave a Reply