Pulut kuning atau yang lebih dikenal dengan pulut kuning, saat ini memang sudah sangat dikenal dalam keseharian masyarakat, berbagai macam acra ataj kegiatan yang saat ini dilaksanakan juga banyak yang menggunakan pulut kuning atau ketan kuning. Dahulu penggunaan pulut kuning ini hanya dapat dinikmati oleh sebagian masyarakat saja, seperti para raja dan keluarganya serta bangsawan yang ada dilingkungan kerajaan saja. Ketan yang dicampur sengan parutan kunyit ini memberikan makna yang sakral bagi acara – acara. Pulut kuning merupakan penanda pada acara pernikahan, syukuran dan berbagai acara pada perayaan melayu dahulu ini memiliki makna untuk memberikan kemakmuran, kelancaran dan keberhasilan. Pulut kuning yang dicampurkan dengan inti, yakni parutan kelapa dan gula merah dan biasa ditambah dengan telur rebus dan ayam goreng ini menjadi hal yang tak dapat dilepaskan kebudayaan melayu di Sumatera Utara, walau ada beberapa daerah lain di Indonesia juga yang menggunakan pulut kuning pada ritual dan acara lain.(ri) Siapa disini yang pernah makan pulut kuning?

Pulut kuning atau yang lebih dikenal dengan pulut kuning, saat ini memang sudah sangat dikenal dalam keseharian masyarakat, berbagai macam acra ataj kegiatan yang saat ini dilaksanakan juga banyak yang menggunakan pulut kuning atau ketan kuning.

Dahulu penggunaan pulut kuning ini hanya dapat dinikmati oleh sebagian masyarakat saja, seperti para raja dan keluarganya serta bangsawan yang ada dilingkungan kerajaan saja.

Ketan yang dicampur sengan parutan kunyit ini memberikan makna yang sakral bagi acara – acara. Pulut kuning merupakan penanda pada acara pernikahan, syukuran dan berbagai acara pada perayaan melayu dahulu ini memiliki makna untuk memberikan kemakmuran, kelancaran dan keberhasilan.

Pulut kuning yang dicampurkan dengan inti, yakni parutan kelapa dan gula merah dan biasa ditambah dengan telur rebus dan ayam goreng ini menjadi hal yang tak dapat dilepaskan kebudayaan melayu di Sumatera Utara, walau ada beberapa daerah lain di Indonesia juga yang menggunakan pulut kuning pada ritual dan acara lain.(ri)

Siapa disini yang pernah makan pulut kuning?

#Medan #Kuliner #MakanMakan #MedanTalk

MedanTalk: Talk of the Town, Berita Cerita Kota Medan selalu di Medan Talk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Kunjungi web kami www.MedanTalk.com untuk Baca Berita Medan , Lihat Lowongan Kerja Medan , Kuliner , Event Medan dan cara pasang iklan

Nonton video Medan di web kami atau subscribe YouTube Channel MedanTalk https://www.medantalk.com/youtube

Silakan share post ini dan jangan lupa Follow social media kami: Instagram , Facebook , LINE , Twitter @MedanTalk untuk update di sosmed mu

Leave a Reply