Seorang emak-emak yang hendak menjual 7 wanita muda ke Malaysia ditangkap petugas Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut di Jalan Tol Belmera,Tanjungmorawa, saat menuju Bandara Kualanamu. . Tersangka kasus human trafficking itu berinisial LS (45), warga Komplek Perumahan Victoria, Delitua, bersama 7 orang korbannya saat ini, Jumat (23/2/2018), diamankan ke Mapolda Sumut guna penyidikan lebih lanjut. . Setelah menjalani pemeriksaan, para korban diamankan di Rumah Aman (Dinas Perlindungan Anak) di Jalan Gunung Mas, Medan, sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. . “Tersangka LS bersama tujuh korbannya menggunakan dua mobil hendak ke Bandara Kualanamu. Mereka berupaya mengecoh polisi dengan mutar-mutar, tapi akhirnya kita tangkap di jalan tol Tanjungmorawa,” kata Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi, melalui Kasubdit IV/Renakta AKBP Leonardo D Simatupang yang memimpin langsung penangkapan bersama Kanit 4 Kompol Robin Surbakti. . AKBP Leonardo mengatakan, ketujuh wanita yang menjadi korban berasal dari Jawa Barat (Jabar), Bengkulu, Lampung dan Medan. Mereka direkrut di Medan dengan mengurus paspor. Para korban, sambung Leonardo, dijanjikan bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Malaysia dengan upah 1.000 ringgit setiap bulan. . Semua dokumen keberangkatan para korban diurus tersangka LS. Mereka diberangkatkan melalui Bandara Kualanamu dengan status pelancong. “Untuk menghindari pemeriksaan dari beacukai, para korban diperintahkan tersangka LS agar mengaku sebagai pelancong,” jelasnya. . Disebutkannya, walau tersangka LS mengaku baru kali ini hendak menjual para wanita ke Malaysia, namun pihaknya masih melakukan pengembangan karena tidak tertutup kemungkinan adanya keterlibatan orang lain. . Bahkan, tambah Leo, pihaknya akan melakukan penyelidikan dengan bekerja sama dengan pihak Imigrasi dan pihak terkait lainnya untuk menelusuri adanya dugaan pemalsuan data dalam kepengurusan paspor para calon korbannya tersebut. . Sumber : http://m.medansatu.com/berita/39642/7-wanita-muda-dijual-emak-emak-ke-malaysia-tenang-udah-ditangkap-polda-sumut/ [Bersambung dikomentar]

Seorang emak-emak yang hendak menjual 7 wanita muda ke Malaysia ditangkap petugas Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut di Jalan Tol Belmera,Tanjungmorawa, saat menuju Bandara Kualanamu.
.
Tersangka kasus human trafficking itu berinisial LS (45), warga Komplek Perumahan Victoria, Delitua, bersama 7 orang korbannya saat ini, Jumat (23/2/2018), diamankan ke Mapolda Sumut guna penyidikan lebih lanjut.
.
Setelah menjalani pemeriksaan, para korban diamankan di Rumah Aman (Dinas Perlindungan Anak) di Jalan Gunung Mas, Medan, sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.
.
“Tersangka LS bersama tujuh korbannya menggunakan dua mobil hendak ke Bandara Kualanamu. Mereka berupaya mengecoh polisi dengan mutar-mutar, tapi akhirnya kita tangkap di jalan tol Tanjungmorawa,” kata Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi, melalui Kasubdit IV/Renakta AKBP Leonardo D Simatupang yang memimpin langsung penangkapan bersama Kanit 4 Kompol Robin Surbakti.
.
AKBP Leonardo mengatakan, ketujuh wanita yang menjadi korban berasal dari Jawa Barat (Jabar), Bengkulu, Lampung dan Medan. Mereka direkrut di Medan dengan mengurus paspor. Para korban, sambung Leonardo, dijanjikan bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Malaysia dengan upah 1.000 ringgit setiap bulan.
.
Semua dokumen keberangkatan para korban diurus tersangka LS. Mereka diberangkatkan melalui Bandara Kualanamu dengan status pelancong. “Untuk menghindari pemeriksaan dari beacukai, para korban diperintahkan tersangka LS agar mengaku sebagai pelancong,” jelasnya.
.
Disebutkannya, walau tersangka LS mengaku baru kali ini hendak menjual para wanita ke Malaysia, namun pihaknya masih melakukan pengembangan karena tidak tertutup kemungkinan adanya keterlibatan orang lain.
.
Bahkan, tambah Leo, pihaknya akan melakukan penyelidikan dengan bekerja sama dengan pihak Imigrasi dan pihak terkait lainnya untuk menelusuri adanya dugaan pemalsuan data dalam kepengurusan paspor para calon korbannya tersebut.
.
Sumber : http://m.medansatu.com/berita/39642/7-wanita-muda-dijual-emak-emak-ke-malaysia-tenang-udah-ditangkap-polda-sumut/
.
#Medan #HumanTraficing #Berita #MedanTalk
[Bersambung dikomentar]

Berita Cerita Kota Medan

Photo taken at: Medan, Indonesia

Video posted

Untuk informasi pasang iklan , cek sponsors dan informasi lowongan kerja cek KarirGram.com

Follow our social media: Instagram , Facebook & Twitter @medantalk for instant updates and please share our posts

Leave a Reply