Siapa yang tidak mengenal Bika Ambon, terlebih lagi orang Medan. Meski bernama Bika Ambon, nyatanya makanan berongga ini berasal dari Medan dan menjadi makanan khas yang wajib dicoba jika berkunjung ke Medan. Lantas, mengapa makanan ini disebut Bika Ambon? Apakah berasal dari Ambon?Menurut ada yang mengatakan kue Bika Ambon ini terinspirasi dari kue khas Melayu, yaitu Bika atau Bingka, selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira, hingga menjadikannya berongga yang membuatnya berbeda dengan kue bika khas Melayu. Menurutnya, penamaan Bika Ambon dikarenakan dahulu kue ini dijual di simpang jalan Ambon-Sei Medan dan menjadi populer.Cerita lain mengatakan bahwa kue ini berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Setelah tahu rasanya enak, dia tidak kembali lagi ke Ambon dan menetap di Medan. Sumber lain mengatakan bahwa dulu Bika Ambon diperkenalkan oleh seorang buruh transmigrasi dari Jawa yang membuat Bika Ambon dan memasarkannya di Medan. Dan cerita lain pula mengatakan, bahwa Bika Ambon berasal dari bahasa Medan yang berarti lembut.Hingga kini memang belum ada yang memastikan bagaimana sejarah Bika Ambon. Namun begitu pun, kue ini menjadi khas Kota Medan dan patut dibanggakan.(lis)Apa ada yang tau?

Siapa yang tidak mengenal Bika Ambon, terlebih lagi orang Medan. Meski bernama Bika Ambon, nyatanya makanan berongga ini berasal dari Medan dan menjadi makanan khas yang wajib dicoba jika berkunjung ke Medan. Lantas, mengapa makanan ini disebut Bika Ambon? Apakah berasal dari Ambon?

Menurut ada yang mengatakan kue Bika Ambon ini terinspirasi dari kue khas Melayu, yaitu Bika atau Bingka, selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira, hingga menjadikannya berongga yang membuatnya berbeda dengan kue bika khas Melayu. Menurutnya, penamaan Bika Ambon dikarenakan dahulu kue ini dijual di simpang jalan Ambon-Sei Medan dan menjadi populer.

Cerita lain mengatakan bahwa kue ini berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Setelah tahu rasanya enak, dia tidak kembali lagi ke Ambon dan menetap di Medan. Sumber lain mengatakan bahwa dulu Bika Ambon diperkenalkan oleh seorang buruh transmigrasi dari Jawa yang membuat Bika Ambon dan memasarkannya di Medan. Dan cerita lain pula mengatakan, bahwa Bika Ambon berasal dari bahasa Medan yang berarti lembut.

Hingga kini memang belum ada yang memastikan bagaimana sejarah Bika Ambon. Namun begitu pun, kue ini menjadi khas Kota Medan dan patut dibanggakan.(lis)

Apa ada yang tau?

#Medan #MakanMakan #MedanTalk

MedanTalk: Talk of the Town, Berita Cerita Kota Medan selalu di Medan Talk

[if-embed-video]

Video posted

[/if-embed-video]

Untuk video bisa nonton diInstagram @MedanTalk ⇒

Baca Berita Medan , Lihat Lowongan Kerja Medan , Kuliner Medan , Event Medan dan cara pasang iklan / sponsor di web www.MedanTalk.com

Silakan share post ini dan jangan lupa Follow social media kami: Instagram , Facebook , LINE , Twitter @MedanTalk untuk update di sosmed mu

Leave a Reply